Penelitian ini bertujuan untuk menggali penyebab belum optimalnya pengelolaan belanja hibah di Provinsi DKI Jakarta dengan cara menggabungkan antara faktor implementasi kebijakan publik yaitu [1] komunikasi, [2] sumber daya, [3] disposisi dan [4] struktur birokrasi dan tahapan pengelolaan belanja hibah yaitu [1] perencanaan, [2] pelaksanaan dan [3] pelaporan. Metode yang digunakan adalah…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami permasalahan yang dihadapi Pascasarjana IPDN, Kementerian Dalam Negeri khususnya dalam penatausahaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dimana penatausahaan PNBP selalu menjadi temuan BPK RI selama lima tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Penatausahaan PNBP untuk Kementerian/Lembaga telah diatur d…
Salah satu produk perbankan yang ada di bank mandiri ialah kredit usaha mikro (KUM), KUM merupakan suatu kredit yang diberikan kepada pengusaha mikro (kecil dan menengah) untuk membiayai kebutuhan usaha produktif (investasi atau modal kerja), untuk memastikan kelayakan pemberian kredit kepada calon debitur maka diperlukan suatu manajemen risiko yang baik, berkelanjutan dan tepat sasar…
Reformasi birokrasi yang bertujuan mewujudkan tata pemerintahan yang baik, salah satu upayanya dengan melakukan proses penyusunan anggaran berbasis kinerja. Jika dilihat dari capaian indikator kinerja dan hasil evaluasi kinerja yang merupakan instrumen dari penganggaran berbasis kinerja Komisi Yudisial masih belum optimal hal ini terlihat dari beberapa indikator kinerja yang belum mencapai…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti adakah pengaruh pelatihan serta motivasi terhadap kinerja karyawan di BNI Kantor Wilayah Jakarta Senayan, dengan menggunakan satu variabel terikat yaitu Kinerja Karyawan serta dua variabel bebas yaitu Pelatihan dan Motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pelatihan terhadap kinerja dengan koefisien regresi sebesar 1.345 d…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti adakah pengaruh pelatihan serta motivasi terhadap kinerja karyawan di BNI Kantor Wilayah Jakarta Senayan, dengan menggunakan satu variabel terikat yaitu Kinerja Karyawan serta dua variabel bebas yaitu Pelatihan dan Motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pelatihan terhadap kinerja dengan koefisien regresi sebesar 1.345 d…
Sejak diterbitkannya PP Nomor 71 Tahun 2010 maka penerapan Sistem Akuntansi Pemerintahan mempunyai landasan hukum yang mengatur mengenai kewajiban implementasi laporan keuangan berbasis akrual. Akuntansi berbasis akrual mempunyai perbedaan mendasar dengan sistem akuntansi sebelumnya yaitu adanya laporan operasional. Laporan operasional digunakan untuk mengevaluasi pendapatan-LO dan beban y…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelaporan keuangan yang berkualitas di Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Fokus permasalahan yang diteliti adalah bagaimana evaluassi pelaporan keuangan pada Pusat Peneliti…