Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pemanfaatan data kependudukan dalam pelayanan kepenghunian rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Rusunawa Jatinegara Barat Kota Administrasi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Penelitian dilaksanakan di Rusunawa Jatinegara Barat t…
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penatausahaan barang milik negara di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta sebagai unit kerja yang yang menguasai barang milik Negara (Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang). Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. dan proses pengumpulan data menggunakan tekni…
Sertipikasi hak atas tanah merupakan bentuk dari administrasi pertanahan sebagai upaya pemerintah dalam menyelenggarakan kebijaksanaan di bidang pertanahan yang pelaksanaannya dilakukan oleh BPN. Sertipikasi hak atas tanah nelayan adalah rangkaian kegiatan yang meliputi tiga tahapan yaitu tahap pra sertipikasi (T-1), tahap sertipikasi (T-0) dan tahap pasca sertipikasi (T+1). Proses pelaksanaan …
Memasuki abad ke 21 yang semakin maju, sudah seharusnya bahwa pendekatan mutu paripurna yang berorientasi kepada kepuasan, pelayanan kesehatan yang bermutu dan aman, merupakan hasil kerjasama semua profesi kesehatan terkait. Mutu layanan kesehatan akan ditentukan oleh berbagai profesi layanan kesehatan yang terdapat di dalam organisasi layanan kesehatan tersebut. Mutu pelayanan kesehatan juga d…
Penelitian ini berjudul Perencanaan Pendapatan Pajak di Direktorat Jenderal Pajak Timor Leste. Adapun tujuannya yaitu untuk untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Pendapatan Pajak di Direktorat Jenderal Pajak Timor Leste, serta mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam upaya perencanaan penerimaan pendapatan pajak di Direktorat Jenderal Pajak Timor Leste.. Jenis penelitian ini menggunak…
Dewasa ini perhatian terhadap kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan telah semakin besar. Semakin banyak pihak yang memperhatikan persoalan kepuasan ini. Hal ini dapat dilihat dari maraknya survei yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan tingkat kepuasan pelanggan seperti survei Customer Satisfaction Index (CSI). Pihak yang paling banyak berhubungan dengan kepuasan atau ketidakpuas…
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sistem insentif di Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta di Era JKN. Fokus permasalahan adalah Bagaimanakah Sistem Insentif di Instalasi Rehabiitasi Medik Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Era JKN? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendek…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan faktor yang mempengaruhi kebijakan Sistem Penilaian Kinerja Jabatan Aparatur (SIKERJA) di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa…
Fenomena Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jakarta, khususnya di Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet Jakarta Selatan seperti buah simalakama, dibutuhkan sekaligus menimbulkan permasalahan. PKL sebagai salah satu kelompok sektor informal diakui memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan kelompok lainnya. Keunggulan kompetitif yang dimiliki adalah kemauannya untuk tetap bertahan dalam kondisi …