ABSTRAK LIHAT HARD COPY
Pengoperasian Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) di Kabupaten Dairi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dalam hal ini adalah Bidang Pengolahan Data Elektronik (PDE) yang termasuk didalamnya mulai dari kepala bidang, para kepala seksi, staf dan operator dan supir tentu harus diimbangi dengan tingkat kemampuan sumber daya manusia nya dalam mengoperasikanny…
Direktorat Jenderal Pajak merupakan instansi yang memiliki peran strategis untuk mengumpulkan penerimaan negara berupa pajak dari masyarakat kepada negara. Untuk dapat mengoptimalisasi perannya tersebut, Direktorat Jenderal Pajak menyadari bahwa penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi perpajakan dengan cepat, tepat dan secara real-time. Oleh karena itu, salah satu media yang …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembagian Kerja pada Sub Dinas Pembinaan Fungsi Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Aspek peneliti adalah Aspek Pembagian kerja, Aspek Pedoman Pembagian kerja dan Aspek Beban Kerja teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan study dokumentasi. Hasil penelitian yang p…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin pegawai ASN dalam Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi di Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat. Aspek penelitian ini adalah ketentuan jam kerja, Ketaatan terhadap pelaksanaan tugas kedinasan dan Pemberian sanksi hukuman. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data penu…
Pengembangan kompetensi merupakan upaya untuk pemenuhan kebutuhan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karier. Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo sebagai salah satu rumah sakit pemerintah dan penyelenggara pelayanan kesehatan pada masyarakat tentunya juga dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi para pegawai dilingkungan org…
Dewasa ini perhatian terhadap kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan telah semakin besar. Semakin banyak pihak yang memperhatikan persoalan kepuasan ini. Hal ini dapat dilihat dari maraknya survei yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan tingkat kepuasan pelanggan seperti survei Customer Satisfaction Index (CSI). Pihak yang paling banyak berhubungan dengan kepuasan atau ketidakpuas…