Unit Layanan Testimoni, Kritik, dan Masukan (ULTIMA) merupakan platform digital yang digunakan untuk menampung umpan balik dari pengguna layanan di Sekretariat DPRD Kota Bekasi. Berdasarkan analisis lima dimensi kualitas layanan menurut Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, aspek tangible, assurance, dan empathy dinilai baik, namun dimensi reliability dan responsiveness belum optimal. Kondisi ini d…
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran core value BerAKHLAK dalam membangun budaya kerja yang berorientasi pada pelayanan publik di Kelurahan Bendungan Hilir, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara. Core Value tersebut mencakup nilai berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Peneli…
Keberhasilan suatu organisasi di sektor publik, bisnis, dan organisasi lainnya ditentukan oleh implementasi manajerial, tetapi ada faktor lain yang tidak kasatmata yang menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya, yaitu budaya organisasi. Dalam dunia bisnis dan pelayanan publik budaya organisasi turut serta menentukan keunggulan kompetitif organisasi.rnrnBudaya organisasi berkai…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi implementasi budaya kerja AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) di PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Banten, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan melakukan observasi, wawancara dan do…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi budaya kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kota Depok. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara mendalam dengan key informant serta observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai budaya kerja, seperti integritas, kolaboratif, ak…
Penelitian ini membahas tentang "Implementasi Budaya Kerja di Biro Kepegawaian Mahkamah Agung Republik Indonesia". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi budaya kerja di Biro Kepegawaian Mahkamah Agung RI. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas implementasi budaya kerja di dalam organisasi, serta kendala-kendala apa saja y…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran budaya kerja dalam meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Gubernur No. 54 Tahun 2020. Budaya kerja tersebut mencakup nilai-nilai Berintegritas, Kolaboratif, Akuntabel, Inovatif, dan Berkeadilan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif …
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Analisis Budaya Kerja Pegawai Negeri Sipil di Biro Sumber Daya Manusia di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Budaya Kerja ini memperkenalkan bagaimana budaya kerja yang terjadi didalam Biro SDM dan faktor-faktor penghambat dalam budaya kerja. Budaya kerja yang berada dalam Biro Sumber Daya Manusia memperkenalkan artefak (Ritual dan tradisi), Nil…