PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

Online Public Access Catalogue (OPAC)

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Si Pada UP.PKB Cilicing Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta

Ardy Cahyadi - Nama Orang; R.N. Afsdy Saksono - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada UP. PKB Cilincing Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari pada masih cukup tingginya jumlah masyarakat yang datang melebihi tanggal booking onlinenya, adanya aduan masyarakat terkait calo, pengelolaan dan pemeliharaan sistem teknologi informasi serta minimnya sosialisasi dan informasi yang diterapakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan telaah dokumen yang bertujuan untuk mengevaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada UP. PKB Cilincing dalam empat aspek penelitian yaitu: Konteks, Input, Proses dan Produk sesuai dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) yang dikemukakan oleh Daniel. L. Stuflebeam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masyarakat sudah tepat waktu dalam kedatangan sesuai tanggal booking ujinya, sudah ada SOP namun belum mencakup SOP booking online, peralatan uji sudah terintegrasi dengan sistem untuk mencegah diskresi petugas, penanganan gangguan teknis oleh PT. Norlec masih relatif lama, penyelenggaraan pengujian sudah sesuai dengan SOP, penguasaan teknologi dan SOP oleh petugas masih belum merata, akun sosial media belum dikelola dengan intensif, berkurangnya pengaduan masyarakat terhadap pelayanan khususnya terkait percaloan disebabkan penggunaan sistem booking berbasis aplikasi sehingga wajib uji ataupun perusahaan dapat langsung melakukan booking dan membayar retribusi melalui ATM Bank DKI, masih ditemui kendala pada pembayaran retribusi antar Bank. Berdasarkan hasil analisis, maka saran yang dapat diberikan antara lain:membuat SOP booking online, menambah jumlah wc dan ruang tunggu, mengevaluasi kinerja PT. Norlec, memberikan pelatihan SOP dan pelatihan penguasaan teknologi kepada petugas, lebih intensif dalam mengelola akun sosial media, Berkoordinasi dengan Bank DKI dan PT. Norlec terkait pemeliharaan sistem dan pembayaran retribusi antar Bank.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2019) 016 TMPD 2019
016522019
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
016 T MPD 2019
Penerbit
Jakarta : STIA LAN., 2019
Deskripsi Fisik
203 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1762002089
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2019
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ardy Cahyadi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

NPP: 3171072C0000001

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?