Tesis
Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Si Pada UP.PKB Cilicing Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
Tesis ini membahas tentang Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada UP. PKB Cilincing Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari pada masih cukup tingginya jumlah masyarakat yang datang melebihi tanggal booking onlinenya, adanya aduan masyarakat terkait calo, pengelolaan dan pemeliharaan sistem teknologi informasi serta minimnya sosialisasi dan informasi yang diterapakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan telaah dokumen yang bertujuan untuk mengevaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada UP. PKB Cilincing dalam empat aspek penelitian yaitu: Konteks, Input, Proses dan Produk sesuai dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) yang dikemukakan oleh Daniel. L. Stuflebeam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masyarakat sudah tepat waktu dalam kedatangan sesuai tanggal booking ujinya, sudah ada SOP namun belum mencakup SOP booking online, peralatan uji sudah terintegrasi dengan sistem untuk mencegah diskresi petugas, penanganan gangguan teknis oleh PT. Norlec masih relatif lama, penyelenggaraan pengujian sudah sesuai dengan SOP, penguasaan teknologi dan SOP oleh petugas masih belum merata, akun sosial media belum dikelola dengan intensif, berkurangnya pengaduan masyarakat terhadap pelayanan khususnya terkait percaloan disebabkan penggunaan sistem booking berbasis aplikasi sehingga wajib uji ataupun perusahaan dapat langsung melakukan booking dan membayar retribusi melalui ATM Bank DKI, masih ditemui kendala pada pembayaran retribusi antar Bank. Berdasarkan hasil analisis, maka saran yang dapat diberikan antara lain:membuat SOP booking online, menambah jumlah wc dan ruang tunggu, mengevaluasi kinerja PT. Norlec, memberikan pelatihan SOP dan pelatihan penguasaan teknologi kepada petugas, lebih intensif dalam mengelola akun sosial media, Berkoordinasi dengan Bank DKI dan PT. Norlec terkait pemeliharaan sistem dan pembayaran retribusi antar Bank.
Tidak tersedia versi lain