Fenomena penggunaan sistem transaksi elektronik telah menjadi hal yang lazim dalam metode pembayaran di era saat ini. Hal itu sejalan dengan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas dalam operasi UMKM melalaui Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Mengacu pada kontribusi UMKM yang signifikan terhadap produk domestik br…
Pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang mencapai 5,3% pada tahun 2023, hal ini didorong oleh konsumsi, investasi, dan ekspor. Adapun hal yang lain yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia yaitu akses keuangan yang semakin luas dimana inklusi keuangan mencapai 85,1% pada tahun 2022, tetapi tantangannya pun masih ada dalam akses kedalam sektor keuangan terutama yang berada di daerah terpencil.…
Metode pemasaran tradisional mulai tergantikan oleh digital marketing. Digital marketing melahirkan strategi pemasaran sosial media marketing. Persaingan sosial media marketing semakin ketat karena setiap bisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian dan keterlibatan audiens di platform digital. Oleh karena itu, peneliti atas nama Putri Zaira dengan dosen pembimbing Muhammad Rizki, S.E, M.M…
Di era globalisasi yang terus berkembang, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian global, termasuk di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada analisis bauran pemasaran yang diterapkan oleh pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, terutama dalam menghadapi tantangan dan dinamika pasar yang terus berubah. Berdasarkan observasi awal dan data pra wawancar…
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) merupakan BUMN yang menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sekitar. Salah satu bentuk CSR yang dimiliki ASDP adaah program PUMK yang mana program ini masih terdapat masalah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pelaku UMKM, yaitu kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan oleh perusahaan yang …
Investasi di pasar modal merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Untuk menarik minat masyarakat khususnya generasi muda khususnya mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal, penting untuk memahami faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga, akademik, dan…