Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) memiliki peran strategis dalam meningkatkan literasi nasional, sehingga citra perpustakaan menjadi faktor penting dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) masih terkendala keterbatasan integrasi data dan pemanfaatan teknologi, sedangkan kualitas pelayanan belum optimal karena beban kerja pustak…
Program Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR) merupakan inisiatif strategis BRIN untuk menjembatani hasil produk riset dan inovasi dapat dihilirisasi dan komersialisasi ke pasar. Namun, efektivitas pelaksanaannya memerlukan evaluasi mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi performa program PPBR secara komprehensif menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode …
Urgensi modernisasi dalam sistem pembayaran belanja negara yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat ini telah menggunakan kartu kredit pemerintah (KKP), namun implementasi KKP pada Kementerian BUMN yang diberlakukan sejak 2019 belum dievaluasi secara komprehensif. Kendala yang ditemukan di lapangan ditemukan beberapa permasalahan seperti penggunaan yang belum opti…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan kartu kredit pemerintah (KKP) di lingkungan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Latar belakang penelitian ini adalah target penggunaan KKP yang tidak mencapai target dan mencari informasi apakah penggunaan KKP dapat membantu untuk memudahkan dalam belanja pemerintah. Temuan uta…
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap niat penggunaan layanan Byond by BSI. Namun, masih terdapat pengguna yang belum sepenuhnya memahami serta memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan, sehingga menimbulkan pertanyaan terkait faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Mandiri KC Bekasi Jatiwaringin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang diterapkan meliputi probability sampling dan non-probability sampling dengan jumlah responden…
Marcks merupakan salah satu merek legendaris di Indonesia pada industri kosmetik. Saat ini Marcks memiliki tantangan besar dalam mempertahankan eksistensi serta daya saingnya pada kondisi persaingan ketat akibat besarnya digitalisasi. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menganalisis pengaruh yang dimiliki oleh brand awareness, brand trust, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk ma…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan nilai Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) terhadap imbal hasil saham pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks IDX ESG Leaders. Konsep LST merepresentasikan keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan yang semakin menjadi pertimbangan dalam keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan p…
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek. Gilang Abid Abyan, Muhammad Rizki Kota Jakarta dan kawasan sekitarnya meliputi bodetabek mengalami pertumbuhan penduduk yang pesat, yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan untuk mendukung mobilitas masyarakat. Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menjadi salah satu m…
Fenomena penggunaan sistem transaksi elektronik telah menjadi hal yang lazim dalam metode pembayaran di era saat ini. Hal itu sejalan dengan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas dalam operasi UMKM melalaui Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Mengacu pada kontribusi UMKM yang signifikan terhadap produk domestik br…