Tesis
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pelayanan Elektronik Perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan Dan Tanda Daftar Perusahaan (SIUP-TDP) Simultan Pada Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa efektivitas pelayanan elektronik perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan (SIUP-TDP) simultan pada Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Timur Jakarta kurang optimal, yang akan dilihat dari faktor aturan, faktor sarana pelayanan, faktor masyarakat dan faktor penerimaan dan penggunaan Teknologi informasi (TI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen dan wawancara mendalam. wawancara dilakukan kepada Petugas (front office dan back office), Kepala Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Kearsipan DPM & PTSP, Kepala Satuan Pelaksana Sistem Informasi DPM & PTSP, masyarakat (pemohon izin), masyarakat langsung sebagai pemohon dan pihak ketiga (biro jasa/calo). Pelayanan elektronik SIUP-TDP simultan, merupakan salah-satu fasilitas layanan perizinan yang diproses secara elektronik. Masyarakat dapat melakukan permohonan pengurusan izin SIUP dan TDP secara bersamaan yang prosesnya dilakukan secara elektronik/online. Namun pada pelaksanaannya sistem elektronik ini mengalami berbagai kendala/permasalahan di sisi petugas dalam memproses permohonan izin SIUP-TDP simultan tersebut seperti kendala di jaringan, sistem dan aplikasi. Selain itu masyarakat sebagai pengguna layanan juga mengalami kendala, pelayanan elektronik ini dirasa tidak mengusung konsep simultan yang sebenarnya, proses masih panjang dan rumit, selain itu masih ada sebagian masyarakat yang menolak/enggan menggunakan sistem layanan elektronik ini, sehingga banyak masyarakat yang akhirnya menggunakan pihak ketiga (biro jasa/calo) dalam mengurus perizinan SIUP-TDP tersebut. Ada beberapa saran bagi para pengambil keputusan di UP PTSP Jakarta Timur agar efektivitas pelayanan elektronik SIUP-TDP simultan lebih optimal antara lain, adanya sosialisasi yang baik dan terorganisir terkait aturan, petunjuk dan prosedur pelaksanaan sistem elektronik tersebut melalui media masa (cetak, elektronik) dan melalui media sosial agar masyarakat tahu dan memahami terkait pelayanan tersebut, selain itu pengadaan jaringan backup untuk mengatasi permasalahan di jaringan utama untuk mengatasi permasalahan di sisi jaringan, Sementara untuk mengatasi permasalahan error system, penambahan server, storage dan upgrade database menjadi solusi yang tepat. Selain itu sistem aplikasi dibuat sesederhana mungkin, 1 proses untuk mengurus SIUP dan TDP secara bersamaan dengan mengusung konsep simultan yang sebenarnya. Dan penambahan loket konsultasi yang dilengkapi fasilitas perangkat TI, seperti komputer dengan koneksi internet, scanner dan printer menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki pernagkat TI agar dapat mengurus SIUP-TDP simultan secara elektronik tersebut. Diharapkan dengan solusi-solusi tersebut masyarakat dapat mengurus izinnya sendiri tanpa menggakan pihak ketiga (biro jasa/calo).
Tidak tersedia versi lain