PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pelayanan Elektronik Perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan Dan Tanda Daftar Perusahaan (SIUP-TDP) Simultan Pada Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Timur

Bahrul Ulum - Nama Orang; R.N. Afsdy Saksono - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa efektivitas pelayanan elektronik perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan (SIUP-TDP) simultan pada Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Timur Jakarta kurang optimal, yang akan dilihat dari faktor aturan, faktor sarana pelayanan, faktor masyarakat dan faktor penerimaan dan penggunaan Teknologi informasi (TI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen dan wawancara mendalam. wawancara dilakukan kepada Petugas (front office dan back office), Kepala Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Kearsipan DPM & PTSP, Kepala Satuan Pelaksana Sistem Informasi DPM & PTSP, masyarakat (pemohon izin), masyarakat langsung sebagai pemohon dan pihak ketiga (biro jasa/calo). Pelayanan elektronik SIUP-TDP simultan, merupakan salah-satu fasilitas layanan perizinan yang diproses secara elektronik. Masyarakat dapat melakukan permohonan pengurusan izin SIUP dan TDP secara bersamaan yang prosesnya dilakukan secara elektronik/online. Namun pada pelaksanaannya sistem elektronik ini mengalami berbagai kendala/permasalahan di sisi petugas dalam memproses permohonan izin SIUP-TDP simultan tersebut seperti kendala di jaringan, sistem dan aplikasi. Selain itu masyarakat sebagai pengguna layanan juga mengalami kendala, pelayanan elektronik ini dirasa tidak mengusung konsep simultan yang sebenarnya, proses masih panjang dan rumit, selain itu masih ada sebagian masyarakat yang menolak/enggan menggunakan sistem layanan elektronik ini, sehingga banyak masyarakat yang akhirnya menggunakan pihak ketiga (biro jasa/calo) dalam mengurus perizinan SIUP-TDP tersebut. Ada beberapa saran bagi para pengambil keputusan di UP PTSP Jakarta Timur agar efektivitas pelayanan elektronik SIUP-TDP simultan lebih optimal antara lain, adanya sosialisasi yang baik dan terorganisir terkait aturan, petunjuk dan prosedur pelaksanaan sistem elektronik tersebut melalui media masa (cetak, elektronik) dan melalui media sosial agar masyarakat tahu dan memahami terkait pelayanan tersebut, selain itu pengadaan jaringan backup untuk mengatasi permasalahan di jaringan utama untuk mengatasi permasalahan di sisi jaringan, Sementara untuk mengatasi permasalahan error system, penambahan server, storage dan upgrade database menjadi solusi yang tepat. Selain itu sistem aplikasi dibuat sesederhana mungkin, 1 proses untuk mengurus SIUP dan TDP secara bersamaan dengan mengusung konsep simultan yang sebenarnya. Dan penambahan loket konsultasi yang dilengkapi fasilitas perangkat TI, seperti komputer dengan koneksi internet, scanner dan printer menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki pernagkat TI agar dapat mengurus SIUP-TDP simultan secara elektronik tersebut. Diharapkan dengan solusi-solusi tersebut masyarakat dapat mengurus izinnya sendiri tanpa menggakan pihak ketiga (biro jasa/calo).


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2017) 054 TMPD 2017
054522017
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
054 TMPD 2017
Penerbit
Jakarta : STIA LAN., 2017
Deskripsi Fisik
195 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
15.D.017
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2017
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Bahrul Ulum
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?