Skripsi
PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI WONDR TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BNI (KCP SEPATAN)
Transformasi digital di sektor perbankan Indonesia mengalami perubahan,khususnya dalam penggunaan aplikasi mobile banking. Di satu sisi adanya pergeseran perilaku nasabah yang cenderung memilih layanan yang lebih cepat, efisien dan aman membuka peluang bagi perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi media sosial dan kualitas layanan aplikasi Wondr terhadap kepuasan nasabah Bank BNI (KCP Sepatan). Sampel penelitian terdiri dari 185 responden yang telah menggunakan aplikasi Wondr minimal 6 bulan terakhir dan pernah melihat promosi aplikasi Wondr di media sosial Bank BNI. Penelitian ini menggunakan teori 4P (Product, Price, Place, Promotion) sebagai dasar untuk mengukur pengaruh variabel terhadap kepuasan nasabah. Variabel promosi media sosial diukur melalui indikator Context, Communication, Collaboration, dan Connection, sedangkan kualitas layanan aplikasi Wondr dianalisis menggunakan indikator Usability, Security, Reliability, dan Personalization. Kepuasan nasabah diukur dengan indikator Experiment, Expectation, dan Overall Satisfaction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien jalur 0,685, t-statistik 8,435, dan p-value 0,000. Selain itu, kualitas layanan aplikasi Wondr juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien jalur 0,274, t-statistik 3,300, dan p-value 0,001. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan promosi media sosial dan kualitas layanan aplikasi dapat meningkatkan kepuasan nasabah Bank BNI, memberikan peluang bagi perusahaan untuk memperkuat strategi pemasaran dan meningkatkan kualitas layanan aplikasi.
Tidak tersedia versi lain