Tesis
Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Efektivitas Pelayanan IMB 3.0 (IMB 3 Jam) Pada Untuk Pelaksana Pelayanan Terpadu satu Pintu Kecamatan Adminitrasi Jakarta Barat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa efektivitas pelayanan IMB 3.0 (IMB 3 jam) di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamata Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat belum optimal, yang akan dilihat dari faktor aturan, faktor sarana pelayanan, faktor organisasi dan faktor kesadaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen dan wawancara mendalam. wawancara dilakukan kepada Kepala Unit UP PTSP Kecamatan Tambora, Ka Subag TU Kecamatan Tambora, Petugas (front office dan back office), masyarakat (pemohon izin), masyarakat langsung sebagai pemohon. Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan 3.0 (IMB 3 jam) ini simultan bersamaan dengan pembuatan Ketetapan Rencana Kota KRKnya, merupakan salah-satu fasilitas layanan IMB yang mengedepankan khusus untuk IMB rumah sederhana yaitu IMB untuk rumah tingal dengan 2 lantai dengan jasa arsitek gratis. Masyarakat dapat melakukan permohonan pengurusan IMB 3.03 jam secara bersamaan dengan pembuatan KRK nya dan kedua proses atau izin tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 3 jam, sehingga masyarakat tidak usah menunggu lama sampai izin tersebut di terbitkan. Selama proses pelayanan IMB 3.0 ini mengalami berbagai kendala/permasalahan dalam memproses permohonan izin IMB 3.0 ini tersebut seperti kendala petugas, fasilitsa gambar yang terbatas. Selain itu juga dari masyarakatnya dimana masyarakat masih banyak yang belum mengetahui pelayanan IMB 3 jam ini, anggapan masyarakat yang mash seperti dulu terkait pelayanan IMB itu susah, ribet, lama, dan adanya pungli serta biaya yang besar dalam proses pengurusan Ijinnya. Jasa arsitek gratis ini dihadirkan sebagai solusi bagi masyarakat untuk tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk membayar seorang arsitek dalam menggambarkannya. Namun hal inipun masih terjadi kendala karena petugas jasa arsiteknya hanya di tingkat kota dan gambar yang akan digunakan hanya 4 model saja dan masyarakat tinggal memilih model gambar yang mana yang akan digunakan. Ada beberapa saran bagi para pengambil keputusan di UP PTSP Kecamatan Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat agar efektivitas pelayanan IMB 3 jam ini dapat lebh optimal antara lain, adanya sosialisasi yang baik dan terorganisir terkait aturan, petunjuk dan prosedur pelaksanaan pelayanan IMB 3 jam tersebut melalui media masa (cetak, elektronik) dan melalui media sosial agar masyarakat tahu dan memahami terkait pelayanan tersebut, bahkan adanya sosialisasi di luar kecamatn seperti di kelurahn kelurahan pada saat ada kegiatan sekaligus menginfokan kalo ada pelayanaI MB 3 jam ini. selain itu adanya penambahan petugas khususnya untuk petugas arsitek untuk menggambar rancang bangun dari IMB nya, dan juga adanya kesempana untuk petugas tersebut untuk membuat gambar seperti keinginan pemohon. Adanya memberikan informasi terkait manfaat IMB bagi masyarakat serta seringnya pengawasan bangunan ke wilayah. Diharapkan dengan solusi-solusi tersebut masyarakat sadar dan dapat mengurus izinnya sendiri tanpa menggakan pihak ketiga (biro jasa/calo).
Tidak tersedia versi lain