Skripsi
Pengaruh Stres Peserta Pembelajaran Kepemimpinan Terhadap Uji Project Assignment (PA) Di PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres peserta pembelajaran kepemimpinan terhadap Uji PA di PT PLN (Persero). Variabel yang diteliti adalah stres (X) dan Uji PA (Y), menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuisioner campuran yang disebar kepada 150 responden. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai signifikansi 0,505 > 0.050 sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara stres peserta pembelajaran kepemimpinan terhadap Uji PA di PT PLN (Persero). Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang tepatnya waktu penelitian dan pemilihan responden, serta jenis stres yang dialami oleh peserta pembelajaran kepemimpinan adalah stres positif (eustres). Adapun gejala stres yang muncul pada saat Uji PA merupakan perilaku belum percaya diri dan belum dapat mengendalikan diri pada saat presentasi Uji PA. Faktor lain yang mempengaruhi Uji PA di PT PLN (Persero) dari analisis data kuisioner terbuka adalah waktu yang terbatas (24%), penguji/ pembimbing/ mentor (23%), metode/ materi (16%), kemampuan komunikasi (15%), beban kerja (9%), dan lain-lain 13%. Oleh karena itu, saran dari penelitian ini adalah stres peserta pembelajaran kepemimpinan harus dikelola dengan baik dengan cara diberikan materi manajemen eustres, membuat standarisasi penilaian Uji PA, membuat metode dan materi yang fun learning dan digital learning, serta memberikan materi teknik komunikasi dan presentasi 4.0. Kata Kunci : Stres, Pembelajaran, Kepemimpinan, Uji, Project Assigment
Tidak tersedia versi lain