Skripsi
Kualitas Pelayanan Pada Toko Primer Koperasi Angkatan Laut (Primkopal) DetasemenMarkas Di Markas Besar Angkatan Laut Cilangkap Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang dilakukan oleh pegawai Toko Primkopal Denma Mabesal Cilangkap Jakarta Timur. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) aspek tangible (berwujud/ bukti fisik), (2) aspek reability (kehandalan), (3) aspek responsiveness (ketanggapan), (4) aspek assurance (jaminan kepastian), (5) aspek empaty (empati). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, wawancara, dan observasi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan pedoman telaah dokumen, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pada toko Primkopal Denma Mabesal Cilangkap sudah cukup baik, tetapi belum optimal.Untuk lebih mengoptimalkan kualitas pelayanan pada toko sesuai dengan harapan konsumen, Primkopal Denma Mabesal Jakarta Timur, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut : 1. Aspek Tangible (berwujud) Para pimpinan dan pengelola toko supaya memberikan pengawasan terhadap ketersediaan barang baik dari jumlah maupun kualitas, serta penataan barang, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemudian untuk pengunaan gudang yang ada sebaiknya lebih ditingkatkan lagi dalam penataan barang sehingga tidak ditemukan lagi barang-barang yang tidak pada tempatnya. Selain penetapan harga harus diberikan pada setiap barang, agar memudahkan pelanggan dalam membeli barang. 2. Aspek Realiability (kehandalan) Pimpinan agar memberikan motifasi kepada pegawai toko agar pegawai memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola toko, dan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Primkopal, diantaranya memberikan kesempatan yang besar kepada pegawai tokok Primkopal untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (DIKLAT). 3. Aspek Responsiveness (respon/ketanggapan) Jumlah pegawai toko Primkopal dapat ditambah sehingga dapat memenuhi dan melayani keinginan pelanggan toko Primkopal dengan baik. 4. Aspek Assurance ( jaminan) Pegawai toko Primkopal lebih selektif lagi dalam penataan barang yang akan dijual agar tidak terdapat barang yang kadaluarsa terjual, dan pegawai lebih meningkatkan lagi rasa kepercayaan pelanggan kepada toko Primkopal. 5. Aspek Empaty (empati) Pegawai toko Primkopal membangun kepedulian serta memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan dan menyediakan kotak saran/ lembar angket guna mengevaluasi kinerja pegawai.
Tidak tersedia versi lain