Skripsi
Bauran Promosi Kredit Ringan (KRING) BTN Kantor Cabang Jakarta Kuningan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai bauran promosi produk Kredit Ringan (KRING) BTN yang dilakukan di bank BTN Kantor Cabang Jakarta Kuningan. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan telaah dokumen. Sebagai teknik untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitan bauran promosi produk KRING BTN di bank BTN KC Jakarta Kuningan menunjukan bahwa bank BTN KC Jakarta Kuningan belum optimal dalam menerapkan teori-teori bauran promosi pada akitivitas promosinya. Berikut kesimpulan untuk keempat aspek bauran promosi yang dilakukan : 1). Advertising, banyak menggunakan media flyer dengan penyebaran berada di lingkungan kantor maupun luar kantor yaitu ketika terdapat aktivitas presentasi di kantor mitra; 2) Personal selling, selain tatap muka langsung melayani nasabah yang datang ke kantor dilakukan pula kegiatan personal selling dalam bentuk presentasi keluar kantor. Akan tetapi karena penempatan jobdesk pegawai belum diterapkan secara maksimal sehingga eksekusi tahap akhir kegiatan tersebut tidak sempurna; 3) Sales promotion, promosi telah diberikan untuk konsumen, mitra, maupun pegawai akan tetapi keefektifan kegiatan sales promotion yang berlaku masih dipertanyakan karena tidak ada evaluasi dari setiap kegiatan tersebut; 4) Public Relation - Publicity, kegiatan public relation telah dilakukan untuk produk ini hanya saja cakupan masanya masih terbatas sehingga publisitasnya pun hanya sekedar di unggah pada media social milik pegawai, belum dipublikasikan pada media masa yang cakupannya lebih luas. Saran yang dapat penulis sampaikan diantaranya : 1) advertising, menambahkan informasi alamat, nomor telepon, serta simulasi angsuran KRING BTN pada flyer; 2) personal selling, memperjelas jobdesk bagi pegawai khusus pemroses KRING BTN; 3) sales promotion, melakukan evaluasi terhadap kegiatan sales promotion yang telah dilangsungkan selama ini; 4) public relatioin - publicity, membuat acara pada momen yang tepat sehingga dapat mendatangkan media masa agar cakupan publisitas produk KRING BTN lebih luas.
Tidak tersedia versi lain