PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pengaruh Penerapan Standard Operating Procedures (SOP) Dan Kualitas Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng Jakarta Barat

Mochamad Kamal Ali - Nama Orang; Agoes Inarto - Nama Orang;

Pemerintah sebagai penyedia pelayanan publik diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakatnya. Dalam konteks pelaksanaan pemerintahan, baik pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah, pelayanan publik (public service) merupakan kunci utama, karena aparatur pemerintahan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, kualitas pelayanan publik menjadi program utama khususnya dalam pelayanan melalui penyusunan dan pelaksanaan SOP pelayanan rawat jalan. Berkaitan dalam penerapan SOP pelayanan rawat jalan di RSUD Cengkareng ada beberapa kendala yang terjadi dengan manajemen perusahaan yaitu tidak ada pemantauan dan pengendalian terhadap pelaksanaan SOP. Dan secara operasional, pelanggan selalu menuntut kecepatan penyampaian produk pelayanan dengan baik. Sedangkan secara personal muncul dari individu tidak memiliki motivasi untuk berkembang atau berubah dikarenakan adanya kepentingan pribadi akibat tidak diberlakukannya SOP yang terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel penerapan Standard Operating Procedures (SOP) dan Kualitas Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap Kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng Jakarta Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan/pasien RSUD Cengkareng Rawat Jalan yang telah menjadi peserta BPJS Kesehatan yang aktif kedatangan minimal 3 kali kunjungan vii sebanyak 885 orang. Sedangkan teknik Sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik Judgemental sampling pada pendekatan teknik purposive sampling. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 885 orang dari 90 Responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitas Data (uji validitas dan uji reliabilitas), Analisis Uji Asumsi klasik dan Analisis Uji Regresi Linier Berganda. Dari hasil pengujian dengan analisis regresi berganda ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ketiga variabel yang saling berhubungan dan berpengaruh, baik secara parsial maupun simultan, antara variabel penerapan Standard Operating Procedures (SOP), kualitas pelayanan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pasien rawat jalan Di RSUD Cengkareng Jakarta Barat. Hasil penelitian dari ketiga variabel tersebut terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara variabel penerapan SOP terhadap variabel kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Cengkareng Jakarta Barat. Hal itu terbukti dengan nilai r = 0,938 (93,8%). Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara variabel kualitas pelayanan peserta BPJS Kesehatan terhadap variabel kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Cengkareng Jakarta Barat. Hal itu terbukti dengan nilai r = 0.809 (80,9%). Terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel penerapan SOP dan kualitas pelayanan peserta BPJS Kesehatan dengan variabel kepuasan pelanggan (pasien) rawat jalan di RSUD Cengkareng. Hal itu terbukti dengan nilai r = 0,948 (94,8%) Untuk itu penulis menyarankan manajemen RSUD Cengkareng melalui bagian dan tataran yang terkait diharapkan melakukan evaluasi secara berkala hal yang berhubungan dengan penerapan SOP (Standard Operating Procedures). Melihat adanya pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan, maka manajemen rumah sakit sebaiknya melaksanakan pengorganisasian dan koordinasi kepada bawahan atau karyawan secara teratur dan dengan menggunakan perencanaan program yang akurat dan terarah. Para tim medis dan karyawan/petugas RSUD Cengkareng hendaknya dapat meningkatkan motivasi kualitas kerjanya, tidak hanya dipengaruhi dari faktor-faktor luar saja tapi yang lebih penting penekanan motivasi yang berasal dari diri sendiri (motivasi instrinsik) dalam menangani pelayanan kesehatan masyarakat umum.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2018) 093 S MPP 2018
093512018
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
093 S MPP 2018
Penerbit
Jakarta : STIA LAN., 2018
Deskripsi Fisik
155 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1429000166
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2018
MPP Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Mochamad Kamal Ali
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?