Tesis
Efektivitas Pengembangan Karir Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Sekretariat Kabinet Batasan Penelitian Pada Kedeputian Bidang Kemaritiman Sekretariat Kabinet RI
Permasalahan penelitian tentang efektivitas pengembangan karir adalah suatu perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan seorang pegawai sebagai individu meniti proses kenaikan pangkat/jabatan sesuai persyaratan dan kemampuannya. Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fektivitas Pengembangan Karir dalam peningkatan kinerja aparatur sipil negara dan peran serta manajemen sumberdaya manusia dalam meningkatkan Kinerja ASN. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan pengumpulan data. Subjek pada penelitian ini adalah pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Kabinet khusunya pada kedeputian kemaritiman, sedangkan Data utama yang dianalisis adalah hasil wawancara. Untuk saat ini di Sekretariat Kabinet bahwa untuk pelaksanaan pengembangan karir sudah berjalan dengan baik diantaranya adalah : kegiatan Pendidikan dan pelatihan diperlukan sistem pengembangan karir yg disesuaikan dengan perkembangan, kegiatan Diklat yang dilaksanakan akan berpengaruh langsung pada peningkatan kinerja dan promosi di kedeputian kemaritiman sudah berjalan baik dan lancar meskipun yang masih terdapat kekurangan maupun hambatan serta kendala didalam pelaksanaanya. Demikian juga dengan pelaksanaan mutasi pegawai di Sekretariat Negara sudah terlaksana dengan baik, dengan alasan bahwa mutasi dengan mutasi akan terjadi pemerataan dan keadilan dalam penyebaran pegawai yang kompeten dimana dengan mutasi akan terjadi alih informasi pengetahuan dan penyegaran suasana kerja. Pengembangan karir perlu direncanakan sedangkan perencanaan itu sendiri menjelaskan tentang seorang pegawai sebagai individu yang meniti proses kenaikan pangkat/jabatan sesuai persyaratan dan kemampuan yang dimiliknya. Pengembangan karir menjadi suatu proses yang berlangsung sepanjang hayat pada masing-masing pegawai sehingga membutuhkan suatu proses perencanaan yang baik. Perencanaan karir merupakan hal yang harus secara signifikan dilakukan oleh setiap pegawai merupakan salah satu bentuk tugas perkembangan yang harus dipenuhi agar proses perkembangan karir berjalan secara optimal. Selain sebagai salah satu indikator tugas perkembangan, perencanaan karir merupakan rentetan aktivitas menuju suatu kematangan karir. Perencanaan karir mengarahkan individu pada suatu tujuan karir yang akan memunculkan motivasi untuk mencapai kesuksesan (Cassel,1998). Perencanaan karir yang baik akan membuat proses perkembangan terutama dalam bidang karir berjalan secara optimal. Perencanaan karir akan membuat individu dapat mengidentifikasi dan menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan karir.
Tidak tersedia versi lain