Tesis
Kualitas Pelayanan Pemakaman Di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak Kota Administrasi Jakarta Puasat
Penelitian yang berjudul Kualitas Pelayanan Pemakaman di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak Kota Administrasi Jakarta Pusat, adalah penelitian yang ingin melihat kualitas pelayanan dari aspek Tangible, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Reliability di ada pada pelayanan pemakaman di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak. Studi yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitas. Terdapat 9 Informan yang terkait dengan penelitian ini, diantaranya: Kepala Suku Dinas Kehutan Jakarta Pusat, Plh. Seksi Jalur dan Pemakanaman Suku Dinas Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Operator TPU Online Taman Pemakaman Umum Karet Bivak serta beberapa Ahliwaris Taman Pemakaman Umum Karet Bivak Kota Administrasi Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Proses analisis data menggunakan analisis deskriptif dari datadata yang ada, kemudian digabungkan dengan berbagai literatur / studi dokumen. Hasil penelitiannya: (1) Dari aspek Tangibles (Fisik), penyediaan gedung pelayanan pemakaman sudah cukup baik, ruang tunggu yang nyaman, toilet yang cukup bersih, penyediaan tenda, kursi dan sound system pemakaman yang gratis dan sangat mendukung sekali dalam proses pelayanan pemakaman namun penyediaan tenda, kursi dan sound systemnya masih belum optimal dan perlu dibenahi kembali. Kekurangan akan penyediaan hal-hal tersebut sangat dirasakan olah ahliwaris saat menerima pelayanan pemakaman di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak karena ketersediaannya yang sangat terbatas sekali. Hal lainnya yang perlu adalah ketersediaan mesin nomor antrian di TPU Karet Bivak; pendingin ruangan (AC); serta akses ruangan yang ramah disable. (2) Dari aspek Responsiveness (Daya Tanggap), ketanggapan pada pelayanan pemakaman di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak yang sangat cepat di respon oleh para pengelola / Petugas TPU Karet Bivak. Namun pada saat yang sama belum adanya counter layanan pengaduan secara khusus maupun call center pelayanan pemakaman yang dapat diakses oleh setiap ahliwaris/warga masyarakat. (3) Dari aspek Asurance (Jaminan), jaminan pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak, mulai dari jaminan selama pendaftaran pelayanan pemakaman; penggalian sampai penutupan lubang petak makam juga pada jaminan keamanan selama memarkirkan kendaraan ahliwaris di area perparkiran Taman Pemakaman Umum Karet Bivak sudah sangat baik dan sesuai harapan para ahliwaris, sehingga tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan atau masalah selama proses pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak. Namun demikian, untuk meminimalisasi praktek-praktek pungli perlu dibuatkan sebuah prosedur pelayanan yang cepat dan baik dengan membuat / menyusun standar pelayanan pemakaman. (4) Dari aspek Empathy (Perhatian), perhatian petugas pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak dalam melaksanakan tugas baik dilingkungan kantor pelayanan maupun diarea petak makam / lapangan, sudah sesuai ketentuan dan prosedur pelayanan pemakaman sebagaimana mestinya. Hal ini banyak membuat para ahli waris sangat puas dengan pelayanan pemakaman yang diberikan oleh para petugas TPU Karet Bivak tersebut. Namun masih perlu didukung dengan ketersediaan sebuah sistem informasi yang berbasis teknologi untuk dapat diakses oleh ahliwaris TPU Karet Bivak. (5) Dan dari aspek Reliability (Kehandalan),kehandalan para petugas pelayanan pemakaman, baik yang bertugas sebagi perator pelayanan pemakaman maupun yang bertugas dilapangan sebagai PJLP gali tutup/pemeliharaan, keterampilan dan kemampuan mereka serta kehandalannya sangat sesuai dengan penguasaan pelayanan pemakaman yang menjadi tuntutan dan harapan masyarakat / ahli waris. Namun demikian, penguatan aspek pendidikan formal bagi para pegawai / PJLP TPU Karet Bivak tetap masih dibutuhkan. Kesimpulannya: Tangibles (Fisik), penyediaan gedung pelayanan pemakaman sudah cukup baik, ruang tunggu yang nyaman, toilet yang cukup bersih, penyediaan tenda, kursi dan sound system pemakaman yang gratis. Responsiveness (Daya Tanggap), ketanggapan pada pelayanan pemakaman di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak yang sangat cepat di respon oleh para pengelola / Petugas TPU Karet Bivak. Asurance (Jaminan), jaminan pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak, mulai dari jaminan selama pendaftaran pelayanan pemakaman; penggalian sampai penutupan lubang petak makam juga pada jaminan keamanan selama memarkirkan kendaraan ahliwaris di area perparkiran Taman Pemakaman Umum Karet Bivak sudah sangat baik dan sesuai harapan para ahliwaris. Empathy (Perhatian), perhatian petugas pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak dalam melaksanakan tugas baik dilingkungan kantor pelayanan maupun diarea petak makam/lapangan, sudah sesuai ketentuan dan prosedur pelayanan pemakaman sebagaimana mestinya. Reliability (Kehandalan),kehandalan para petugas pelayanan pemakaman, baik yang bertugas sebagi perator pelayanan pemakaman maupun yang bertugas dilapangan sebagai PJLP gali tutup/pemeliharaan, keterampilan dan kemampuan mereka serta kehandalannya sangat sesuai dengan penguasaan pelayanan pemakaman yang menjadi tuntutan dan harapan para ahliwaris atau masyarakat. Rekomendasinya antara lain: Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka saran yang disampaikan untuk meningkatkan Kulaitas Pelayanan Pemakaman di Taman Pemakaman Umum Taman Pemakaman Umum Karet Bivak Kota Administrasi Jakarta Pusat, sebagai berikut: (1) Melakukan upaya Tangibles (bukti fisik), dengan cara pengajuan anggaran untuk menambah anggaran pembangunan sarana dan prasarana yang ada, meliputi: perluasan ruang tunggu untuk ahliwaris yang mengantarkan jenazah; penyediaan mesin nomor antrian pelayanan berbasis handphone; toilet yang layak disable; tangga masuk ruang pelayanan yang layak disable; pemasangan pendingin ruangan yang disesuaikan dengan luas ruangan; pemasangan CCTV diruang pelayanan pemakaman; penyediaan papan informasi pelayanan pemakaman berbasis tekhnologi; penyediaan tenda pemakaman yang disesuaikan dengan volume pelayanan pemakaman; penyediaan kursi pemakaman yang disesuaikan dengan volume pelayanan pemakaman; serta penyediaan sound system pemakaman yang disesuaikan dengan volume pelayanan pemakaman untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak. (2) Melakukan upaya peningkatan Responsiveness (Daya Tanggap) dengan cara membuat counter layanan tempat pengaduan; kotak saran dan masukan; penyediaan Nomor Call Center Pelayanan Pengaduan di TPU Karet Bivak untuk menampung keluhan para ahliwaris serta mengupayakan solusi pemecahan masalahan seputar pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak. (3) Melakukan upaya peningkatan Assurance (Jaminan), diantaranya dengan cara menyusun standar pedoman pelayanan pemakaman di TPU Karet Bivak, untuk dijadikan pedoman bagi para petugas pelayanan pemakaman dalam mendukung pelayanan pemakaman yang bebas dari pungutan liar (pungli) dan biaya pemakaman tinggi, sekaligus dalam rangka menuju pelayanan pemakaman yang prima.(4) Melakukan upaya peningkatan Empathy (Perhatian), dengan cara memberikan informasi tentang prosedur pelayanan pemakaman yang berbasis teknologi, meliputi persyaratan pemakaman, hak dan kewajiban ahli waris dalam Ijin Penggunaan Tanah Makam (IPTM), serta Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2007 tentang Pemakaman. (5) Melakukan upaya peningkatan Reliability (kehandalan), dengan cara mengikutsertakan pendidikan dan pelatihan-pelatihan, baik yang bersifat formal maupun informal. Seperti Kejar Paket A, B, C atau D. Pelatihan Komputer maupun internet bagi para Petugas Operator TPU Online Karet Bivak, baik yang dilakukan secara berkala maupun dibuktikan dengan penerbitan licencing (certifikat).
Tidak tersedia versi lain