Skripsi
Kompetensi Petugas komunikasi Di Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Adminitrasi Jakarta Pusat
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menggambarkan kompetensi petugas komunikasi di Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan telaah dokumen bersumber dari Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat. Penelitian ini dikaji dengan aspek-aspek kompetensi yaitu; (1) Aspek pengetahuan yang menjadi dasar petugas komunikasi dalam melaksanakan tugasnya; (2) Aspek Kemampuan petugas yang menjadi kecakapan petugas dalam mengoperasikan peralatan komunikasi dalam melaksanakan tugasnya; (3) Aspek perilaku petugas sebagai pendukung dalam menjalankan tugasnya yang dilihat dari minat atau kemauannya dalam bertugas di regu kumonikasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi petugas komunikasi di Kantor Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dari aspek pengetahuan dan aspek kemampuan bisa dibilang masih kurang dikarenakan minimnya pelatihan dan pendidikan yang ada untuk para petugas komunikasi, dan dari aspek perilaku untuk petugas komunikasi sudah termasuk baik hal ini dilihat dari kemauan para petugas komunikasi dalam menjalankan tugasnya tanpa paksaan dan dengan minimnya pengetahuan yang dimiliki para petugas namun semua tugas dapat viii diselesaikan dengan baik. Selanjutnya adapun saran yang diberikan berdasarkan fokus yang diteliti diantaranya sebagai berikut: 1) Aspek pengetahuan: diharapkan petugas komunikasi dapat mengikuti pendidikan komunikasi yang diselenggarakan internal maupun eksternal dan dapat menguasai teknik pengolahan pelaporan dengan efektif dan efesien menggunakan sistem aplikasi. 2) Aspek kemampuan; Diharapkan petugas komunikasi dapat melaksanakan tugas dengan baik dan pengoperasian peralatan- peralatan teknis kepada petugas komunikasi baik melalui pelatihan maupun belajar melalui petugas komunikasi yang sudah senior. 3) Aspek sikap; Diharapkan petugas komunikasi dapat meningkatkan semangat kerjanya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik lagi.
Tidak tersedia versi lain