Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Bank Mandiri (TBK) KCP Jakarta jalan Sunda
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh antara variabel bebas kualitas pelayanan dengan variabel terkait (dependen) adalah Kepuasan Nasabah di PT Bank Mandiri (Tbk) KCP Jakarta Jalan Sunda. Analisis data yang dilakukan dengan metode regresi kuadrat terkecil / OLS (Ordinary Least Square). Sedangkan untuk pengolahan data, dilakukan item analisis yang digunakan dalam kuesioner dengan menggunakan bantuan computer program statistic SPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows versi 18.0.k Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, dengan koefisien regresi sebesar 0,276 yang artinya apabila variabel kualitas pelayanan meningkat sebesar 1 satuan, maka kepuasan nasabah akan meningkat sebesar 0,276 satuan dengan asumsi bahwa pada variabel lain, dalam kondisi konstan. Dengan adanya pengaruh yang positif ini, berarti bahwa antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah menunjukkan hubungan yang searah. Dengan probabilitas 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah adalah tidak signifikan. Dari model regresi diperoleh koefisien determinasi atau adjusted R sebesar 0,314 atau 31,4 persen. Jadi variasi atau keragaman dari kepuasan nasabah sebesar 31,4 persen ditentukan oleh kualitas viii pelayanan. Atau dapat dikatakan bahwa memberikan kontribusi sebesar 31,4 persen terhadap kepuasan nasabah, sedangkan 68,6 persen ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Untuk meningkatkan kepuasan nasabah selain dari kualitas pelayanan perlu adanya peningkatan dalam hal lain agar nasabah merasa nyaman tetap menjadi nasabah di Bank Mandiri (Tbk) KCP Jakarta Jalan Sunda yaitu sebagai berikut. 1. Perlu adanya pengembangan produk seperti peningkatan produk tabungan reguler, penyediaan tabungan haji, penyediaan asuransi, penyediaan investasi emas, dan pemberian kemudahan kredit serta penurunan bunga kredit. 2. Memberikan Promosi kepada nasabah loyalitas seperti bonus, diskon, voucher dan hadiah. 3. Memberikan unconditional guarantess dengan memberikan jaminan keamanan dari dana yang disimpan dalam Bank dengan memberikan surat perjanjian atau kesepakatan yang berisi bahwa pihak bank akan bertanggung jawab sepenuhnya jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan oleh nasabah. 4. Memberikan program pay for performance kepada karyawan yang memiliki pelayanan terbaik kepada nasabah dengan memberikan predikat atau gelar employee of the month/year, memberikan promosi, dan memberikan reward atau bonus.
Tidak tersedia versi lain