Tesis
Efektivitas Progam Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Di Provinsi DKI Jakarta
Tesis ini membahas tentang Efektivitas Program Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Provinsi DKI Jakarta“. Latar belakang penelitian ini didasari karena program layanan AJIB terasa belum memberikan manfaat secara maksimal sesuai maksud inovasi ini dilakukan yaitu masih adanya keluhan masyarakat / pelaku usaha bahwa pengurusan perizinan dan non perizinan lewat AJIB itu butuh waktu lama dan bolak balik melengkapi berkas,masih adanya penggunaan jasa calo dan dengan sudah banyaknya layanan perizinan dan non perizinan yang sudah online saat ini, adanya asumsi bahwa inovasi AJIB di saat ini sudah tidak terasa keefektifan dan keefisienannya seiring perkembangan teknologi informasi (TI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan telaah dokumen yang bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana Efektivitas Program Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Provinsi DKI Jakarta dilihat dari faktor ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukkan dari faktor ketepatan sasaran program belum tercapai sesuai harapan karena layanan order AJIB masih didominasi oleh pihak ketiga (biro jasa/calo). Dari faktor sosialisasi program sudah baik karena sudah banyaknya variasi sosialisasi yang dilakukan. Dari faktor tujuan program dalam hal memudahkan dan membantu masyarakat sudah tercapai namun tergantung petugas AJIB yang melayani karena kemampuan Petugas AJIB yang belum merata. Sedangkan dari faktor pemantauan program masih kurang dalam hal pengawasan terhadap sumber orderan yang diterima AJIB, tidak memperhatikan secara detail identitas pengorder dan masih ada penggunaan surat kuasa sehingga jadi celah pihak ketiga (biro jasa/calo) untuk memanfaatkan layanan AJIB ini.
Tidak tersedia versi lain