Tesis
Penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja Pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan telaah dokumen. Ada tiga aspek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: output and outcome oriented, let the manager manages, dan money follow program. Hasil penelitian menunjukan bahwa Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI telah menerapkan prinsip pengangguran berbasis kinerja yang terdiri dari output and outcome oriented, let the manager manages, dan money follow program. Disarankan bahwa Direktoran Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI perlu untuk lebih memperkuat instrumen di dalam mengukur sejauh mana efektivitas pencapaian output dan outcome dari pelaksanaan program Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Ditjen Belmawasudah menerapkan sasaran prioritas yang menjadi arahan Presiden berkaitan dengan adanya perubahan paradigma menjadi money follow program. PerluPenelitianlanjutanPenerapan Penganggaran Berbasis Kinerja pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti perlu ditingkatkan kualitasnya. Jika output sudah tercapai, selanjutnya apakah outcome nya terpenuhi, apakah value of money sudah memiliki economic benefit serta memiliki social impact. Jadi outcome nya adalah berupakualitas program yang memberi dampak signifikanterhadapkesejahteraan masyarakatdan dampak sosial yang tinggi.
Tidak tersedia versi lain