Tesis
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Sistem Elektronik Kinerja Terhadap Produktivitas Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta
Perkembangan teknologi infomasi yang cepat dengan didukung jaringan yang memadai mendorong peningkatan pola kerja yang efisien dan efektif mewajibkan Sumber Daya Manusia yang ada pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta mampu bersaing ditengah era globalisasi. Oleh karena itu, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Sistem Elektronik Kinerja terhadap Produktivitas Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menjadi hal yang mutlak dalam pemantauan dan penilaian kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN). Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan lokus Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. Analisis dilakukan terhadap empat Faktor yang mempengaruhi Produktivitas Pegawai yaitu Faktor Komunikasi, Sumber Daya Manusia, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Hasil penelitian bahwa Faktor Komunikasi proses Transmisi telah tersosisialiasi dan dipahami secara baik oleh pegawai. dilihat secara kuantitas SDM berada dalam jumlah maksimum lebih dari cukup, sisi kualitas SDM sudah cukup memadai ditunjukkan dengan komposisi pendidikan formal pegawai didominasi oleh lulusan starta satu. Pada Faktor Disposisi mekanisme control belum terlaksana dengan baik, masih ada beberapa hambatan, tetapi Tanggung jawab yang ditunjukkan oleh para pelaksana kebijakan direspon sangat baik dibuktikan dengan meningkatnya kedisiplinan dan pola kerja pegawai yang lebih bertanggung jawab. Pada Faktor Struktur Birokrasi Mekanisme yang diwujudkan oleh Standar Operasional Prosedur (SOP) belum cukup baik masih ada kendala pada peran admin, disisi lain Struktur Organisasi implementasi sistem Elektronik kinerja sudah tersusun dengan rapih, Sehingga Produktivitas Pegawai Meningkat ditandai dengan kesadaran diri dan kedisiplinan pegawai dalam kehadiran dan menginput laporan kinerja harian pegawai, meningkatnya laporan kinerja masingmasing unit kerja, sedangkan Faktor Disposisi dan Struktur Birokrasi memberikan peningkatan pada sisi pelaksanaan pekerjaan dan wewenang pimpinan. berdasarkan hasil penelitian disampaikan saran agar penyampaian informasi rutin dilaksanakan setiap bulan, peningkatan Kualitas SDM dalam pengoprasian komputer, Para pimpinan dapat lebih berperan aktif dalam mengcontrol laporan kinerja harian (LKH) pegawai, serta Penyempurnaan SOP (Standar Operasional Prosedur) dengan SOP Digital baik web maupun mobile menjadi salah satu dari Faktor struktural yang dibutuhkan.
Tidak tersedia versi lain