Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Margonda Depok
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Margonda Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian deskripsi kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dan telaah dokumen. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya Pengaruh Kualitas layanan SMS Banking terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Margonda Depok. Kedua variabel tersebut pada interprestasi cukup (0,600 – 0,800) yaitu : 0,83. Sedangkan T hitung menunjukan 14,65 hal ini berarti t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,67 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga pengaruh yang signifikan Kualitas Layanan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Margonda Depok, selain itu besarnya prosentase hubungan atau koefisiensi determenasi (KD) dalam penelitian ini adalah 0,6889 yang berarti peranan perilaku konsumen sebesar 68,89%, sedangkan 31,11% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis ditinjau dari indikator penelitian variabel perilaku konsumen ternyata mampu menambah nasabah bagi nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Margonda Depok. Sehingga ix pelayanan penggunaan layanan BNI SMS Banking dapat dipergunakan sesuai kebutuhan nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Dengan menggunakan analisis kuantitatif yakni uji kecukupan data, uji reliable, regresi linier sederhana, uji validitas, koefisien determinasi, dan uji T, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan bukti langsung dan daya tanggap berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap loyalitas kepuasaan nasabah sebesar 68,89%. Disarankan sebagai berikut : Untuk mendukung penggunaan BNI SMS Banking maka diperlukan peningkatkan dan perbaikan secara terus menerus atau berkala untuk mengetahui kualitas pelayanan nasabah melalui SMS Banking sehingga, nasabah merasakan kenyamanan dan terpenuhi kebutuhan dalam bertransaksi. Perlunya mempertahankan ataupun meningkatkan kemampuan pegawai bank untuk mempengaruhi nasabah dalam penggunaan SMS Banking, sehingga nasabah dalam bertransaksi menggunakan SMS Banking merasakan kepuasan. Perlunya lebih meningkatkan ataupun mempertahankan kemampuan petugas bank untuk mampu berkomunikasi dengan baik dengan calon nasabah, sehingga petugas tahu kebutuhan yang diperlukan oleh nasabah. Menjaga aktivitas server dan selalu maintenance jaringan agar transaksi SMS Banking dapat berjalan dengan lancar, sehingga menjadikan produk ini yang terbaik diantara produk-produk perbankan lainnya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Kepuasan Nasabah
Tidak tersedia versi lain