Tesis
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan reputasi perusahaan baik secara sendiri sendiri maupun secara bersamaan terhadap kepuasan pelanggan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara. Metode penelitian menggunakan metode survei sekali waktu (cross-sectional survey) dengan paradigma asosiatif serta analisa data kuantitatif. Jumlah populasi adalah sebanyak 383 pelanggan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara yang dilakukan dengan teknik sampling secara Random. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu kualitas pelayanan (X 1 ) dan reputasi perusahaan (X 2 ) serta variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Total pertanyaan pada kuesioner pengambilan sampel adalah sebanyak 36 pertanyaan yang terdiri dari 5 pertanyaan mengenai identitas responden dan 31 pertanyaan mengenai konten utama yang diteliti. Skala pengukuran terhadap jawaban responden menggunakan skala likert dengan kisaran nilai antara 1-5. Analisis data menggunakan metode analisa korelasi, regresi sederhana serta regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan fakta bahwa sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan berdasarkan uji t dimana t hitung > t tabel (14,324 > 1,966) dan tingkat signifikan 0,000 (jauh dibawah 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,592, koefisien determinasi sebesar 0,350 dan koefisien regresi sebesar 0,350. (2) Terdapat pengaruh antara reputasi perusahaan terhadap kepuasan pelanggan yang berdasarkan uji t dimana t hitung (12,658 > 1,966) dan tingkat signifikan 0,000 (jauh dibawah 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,544, koefisien determinasi 0,294 dan koefisien regresi sebesar 0,554. (3) Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan reputasi perusahaan terhadap kepuasan pelanggan berdasarkan uji dimana F hitung viii > F tabel (130,369 > 2,62) dan tingkat signifikan 0,000 (jauh dibawah 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,638, koefisien determinasi sebesar 0,407 dan koefisien regresi sebesar 0,083 (X 1 ) dan 0,302 (X 2).
Tidak tersedia versi lain