Skripsi
Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Secara Tidak Langsung Di Bagian Pengaduan Masyarakat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Secara Tidak Langsung di Bagian Pengaduan Masyarakat Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, ditinjau dari 3 (tiga) aspek yakni penerimaan surat pengaduan, analisis surat pengaduan dan pembahasan surat pengaduan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan key informant dan telaah dokumen. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam penerimaan surat pengaduan, petugas yang menangani surat tersebut ternyata jumlahnya tidak seimbang dengan volume surat yang masuk. 2. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam analis surat pengaduan masih ditemukan prosedural penanganan pengaduan masyarakat belum terlalu menjamin bahwa pengaduan masyarakat tersebut dapat direspon atau ditindaklanjuti secara tepat dan efektif. 3. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam pembahasan surat pengaduan menunjukkan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) belum efektif menyusun agenda rapat. vi Berdasarkan kesimpulan tersebut di atas, maka penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut : 1. Perlu dilakukan penambahan petugas penerima aduan dan petugas penganalisa di DPR RI sehingga dapat meningkatkan respon terhadap permasalahan masyarakat. 2. Bahwa kepercayaan masyarakat terhadap DPR RI yang diwujudkan salah satunya dengan menyampaikan pengaduannya kepada DPR RI, pada hakekatnya menimbulkan ketergantungan komunikasi yang perlu diwujudkan dengan respon cepat Alat Kelengkapan DPR RI terhadap pengaduan yang disampaikan dengan memberikan tanggapan atas surat pengaduan masyarakat tersebut. 3. Bahwa seluruh AKD (Alat Kelengkapan Dewan) hendaknya mempunyai komitmen dengan menyusun secara efektif agenda rapat yang membahas surat pengaduan masyarakat, atau membentuk panja-panja guna mengusut, mendalami, dan menindaklanjuti suatu permasalahan yang diadukan oleh masyarakat secara lebih spesifik.
Tidak tersedia versi lain