Tesis
Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governanance Terhadap Kinerja Pegawai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip-prinsip good governance (akuntabilitas, transparansi, prediktabilitas, partisipasi dan dinamis) terhadap kinerja pegawai dan secara bersama-sama prinsip-prinsip good governance terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Kantor Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner sebagai alat bantu dalam pengumpulan data. Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah Pegawai di Grup/Unit Kerja BPJS Kesehatan Kantor Pusat. jumlah sampel sebanyak 83 responden dengan menggunakan teknik slovin. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probabilitas. Pre-test dilakukan dengan menyebarkan 30 kuesioner kemudian diuji dengan uji validitas dan realiabilitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan Cronbach Alpha. Hasil pengujian menunjukkan valid dan reliabel maka pengumpulan data dilakukan secara menyeluruh kepada 83 responden. Berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan tersebut dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri atas : uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan hasilnya memenuhi uji persyaratan analisis. Selanjutnya data penelitian dianalisis dan dihitung dengan menggunakan analisa faktor dan regresi linier berganda menggunakan Program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian yang dianalisis dan dihitung menggunakan regresi linier ditemukan bahwa : 1. Akuntabilitas (X ) memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Kantor Pusat. Kesimpulan ini didasarkan pada besaran hubungan X 1 1 terhadap pembentukan Y adalah 0,598 dengan kontribusi sebesar 35,8% sisanya dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian. Hasil pengujian F dan uji t bahwa nilai sig variabel X < 0,005 hal tersebut menunjukkan bahwa variabel X 1 1 berpengaruh secara signifikan terhadap Y. 2. Transparansi (X ) memiliki pengaruh yang positif terhadap Kinerja Pegawai BPJS Kantor Pusat (Y). Kesimpulan ini didasarkan pada besaran hubungan X 2 2 terhadap pembentukan kinerja pegawai BPJS Kesehatan Kantor Pusat adalah 0,528 sedangkan kontribusi transparansi terhadap kinerja pegawai sebesar 27,88% dan sisanya dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian. Hasil pengujian F dan uji t bahwa variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap Y. 2 3. Prediktabilitas (X ) memiliki pengaruh yang positif terhadap Kinerja Pegawai BPJS Kantor Pusat. Kesimpulan ini didasarkan pada besaran hubungan X 3 terhadap pembentukan Y adalah 30,03% dan sisanya dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian. Hasil pengujian F dan uji t bahwa variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap Y. 4. Partisipasi (X ) memiliki pengaruh yang positif terhadap Kinerja Pegawai BPJS Kantor Pusat (Y). Kesimpulan ini didasarkan pada besaran hubungan X 4 4 terhadap pembentukan Y adalah 0,528 dengan kontribusi X sebesar 27,88% dan sisanya dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian. Hasil pengujian F dan uji t bahwa X berpengaruh secara signifikan terhadap Y. 5. Dinamis (X 5 4 ) memiliki pengaruh yang positif terhadap Kinerja Pegawai BPJS Kantor Pusat (Y). Kesimpulan ini didasarkan pada besaran hubungan X terhadap pembentukan Y adalah 0,665 dengan kontribusi 44,22% dan sisanya dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian. Hasil pengujian F dan uji t bahwa X berpengaruh secara signifikan terhadap Y 6. Prinsip-prinsip Good Governance (GG) yaitu Akuntabilitas (X 5 ), Transparansi (X 2 ), Prediktabilitas (X 3 ), Partisipasi (X viii 4 ) dan Dinamis (X 5 1 ) secara bersamasama memiliki pengaruh yang positif terhadap Kinerja Pegawai BPJS kesehatan Kantor Pusat. Kesimpulan ini didasarkan pada besaran hubungan X 1 s/d X terhadap pembentukan Y adalah 0,727 dengan kontribusi R adjust Square sebesar 52,8% sisanya dipengaruhi variabel lainnya di luar penelitian. 5 Hasil pengujian statistik t terhadap masing-masing variabel X yaitu hanya variabel prediktabilitas dan dinamis yang mempunyai pengaruh kuat dan signifikan terhadap kinerja pegawai BPJS Kesehatan Kantor Pusat, variabel lainnya tidak signifikan. Hal ini dikarenakan penerapan ketiga variabel lainnya tersebut belum optimal. Oleh karena itu disarankan agar dilakukan upaya-upaya perbaikan dalam penerapan prinsip-prinsip GG di BPJS Kantor Pusat antara lain : kegiatan sosialisasi secara rutin setiap tahun untuk meningkatkan pemahaman pegawai terhadap prinsip-prinsip GG sehingga dapat memperbaiki kinerjanya sesuai dengan standar kerja yang telah ditetapkan. Partisipasi dari pegawai perlu ditingkatkan melalui edukasi secara aktif mengenai kebijakan dan informasi ter up date terkait BPJS Kesehatan. Selain itu keterlibatan dari Pemangku kepentingan untuk perbaikan layanan program BPJS Kesehatan juga perlu ditingkatkan.
Tidak tersedia versi lain