Tesis
Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kelembagaan Terhadap Efektifitas Pelayanan Di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kompetensi sdm (X1) dan kelembagaan (X2) terhadap efektifitas pelayanan di kecamatan karang tengah kota tangerang, baik secara parsial maupun bersamasama .Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang terdiri dari pegawai dan masyarakat kecamatan karang tengah yang menerima pelayanan di kantor kecamatan karang tengah kota tangerang. Variabel kompetensi sdm berpengaruh terhadap efektifitas pelayanan di kecamatan karang tengah dengan nilai t hitung sebesar 4,579 lebih besar dari nilai t tabelnya yaitu 1,661. Sedangkan nilai koefisien Spearman rho sebesar 0,365 dimana terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kompetensi sdm dengan efektifitas pelayanan. Memiliki arti bahwa Variabel kompetensi sdm berpengaruh terhadap efektifitas pelayanan di kecamatan karang tengah kota tangerang. Hal tersebut berarti semakin tinggi kompetensi sdm yang diterapkan akan semakin tinggi pula efektifitas pelayanan yang dihasilkan. Variabel Kelembagaan berpengaruh terhadap Efektifitas Pelayanan di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang dengan nilai t hitung sebesar 4,704 lebih besar dari t tabelnya yaitu 1,661. Sedangkan nilai koefisien rho sebesar 0,346 dimana terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kelembagaan dengan efektifitas pelayanan. Memiliki arti bahwa Variabel Kelembagaan berpengaruh terhadap Efektifitas Pelayanan di Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang. Hal tersebut berarti semakin baik kelembagaan yang ada di Kantor Kecamatan Karang Tengah akan semakin meningkatkan efektifitas pelayanan dihasilkan. Faktor dominan yang mempengaruhi efektifitas pelayanan di Kantor Kecamatan Karang Tengah adalah variable kelembagaan, hal ini dapat dilihat dari distribusi frekuensi dengan nilai reratanya yaitu 49,84 lebih tinggi dibandingkan dengan distribusi frekuensi variabel kompetensi sdm yaitu 49,12. Sedangkan variabel Efektifitas Pelayanan memiliki distribusi frekuensi sebesar 83,10. Dengan demikian maka Kantor Kecamatan Karang Tengah perlu meningkatkan kompetensi sdm dan meningkatkan kelembagaan dengan memberikan berbagai pelatihan yang dibutuhkan mengingat kompetensi sdm merupakan variabel yang rendah pengaruhnya terhadap efektifitas pelayanan.
Tidak tersedia versi lain