Tesis
Pengaruh Komitmen Organisasional dan Koordinasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
Pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sebagai Lembaga Negara tidak dapat berjalan optimal tanpa adanya dukungan dari banyak pihak, terutama dari Sekretariat Jenderal DPR RI. Dukungan pelayanan yang diberikan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI dalam bentuk teknis, administratif dan keahlian kepada Anggota DPR RI. Biro Kesekretariatan Pimpinan sebagai salah satu unit setingkat Eselon II dalam struktur organisasi Sekretariat Jenderal DPR RI memiliki peranan penting didalam memberikan dukungan dan pelayanan kepada Pimpinan DPR RI pada khususnya dan kepada Anggota DPR RI pada umumnya serta kepada Pimpinan Sekretariat Jenderal DPR RI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional dan koordinasi terhadap kinerja pegawai pada Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal DPR RI, yang terdiri atas 2 variabel bebas yaitu komitmen organisasional dan koordinasi, serta 1 variabel terikat yaitu kinerja. Adapun sub variabel dari komitmen organisasional terdiri dari afektif, normative, dan rasional. Sub variabel dari koordinasi adalah prinsip skala, prinsip kesatuan komando, prinsip tentang control, dan prinsip pengecualian. Sub variabel kinerja meliputi antusias, melakukan aktivitas yang tidak secara formal menjadi tugasnya membantu dan bekerjasama dengan pegawai lain, mengikuti aturan dan prosedur organisasi, mengusahakan, mendukung, dan membela tujuan-tujuan organisasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dengan telaah dokumen dan study kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 orang pegawai Biro Kesekretariatan Pimpinan Setjen DPR RI, dengan sampel 67 orang yang didapat dengan rumus Taro Yamane dan teknik sampling disproportionate stratified random sampling. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal DPR RI sebesar 83.3%. Dari tiga sub variabel
komitmen organisasional yang diteliti yakni komitmen afektif, normatif dan rasional, komitmen rasional paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Koordinasi juga berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai Biro Kesekretariatan Pimpinan Sekretariat Jenderal DPR RI sebesar 60.5%. Dari empat sub variabel koordinasi yakni prinsip skala, kesatuan komando, rentang kontrol dan perkecualian, ternyata prinsip rentang kendali paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai.
Komitmen organisasional dan Koordinasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Biro Kesekretariatan
Pimpinan Setjen DPR RI sebesar 88%. Rendahnya pengaruh koordinasi terhadap
kinerja karena masih terdapatnya perbedaan persepsi tentang pentingnya koordinasi serta sulitnya menemukan waktu yang tepat untuk melakukan koordinasi karena kesibukan ditempat kerja masing-masing. Untuk itu disarankan untuk melakukan perbaikan baik upaya internal maupun eksternal, dan pembekalan kepada pegawai tentang keahlian-keahlian dalam melakukan koordinasi kerja. seperti pelatihan outbound, peningkatan kemampuan pegawai dalam berkomunikasi, mewujudkan iklim kerja yang kondusif sehingga terjalin hubungan yang baik antar pegawai yang kemudian memudahkan koordinasi. Disarankan pula untuk meningkatkan peran Pimpinan Biro Kesekretariatan Pimpinan untuk menyamakan persepsi pegawainya akan pentingnnya koordinasi, serta perlu dilakukannya terobosan didalam melakukan koordinasi, dengan menggunakan teknologi informasi seperti jaringan, maupun sarana informasi lainnya.
Kata kunci : Komitmen Organisasional, Koordinasi, Kinerja
Tidak tersedia versi lain