Skripsi
Penerapan Disiplin Pegawai Negri Sipil Melalui Presensi Finger Print Direktora Lalu Lintas Dan Angkutan
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan dan gambaran solusi dalam meningkatkan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil yang berkaitan dengan efektivitas mengunakan presensi finger print pada lingkungan Staf Direktorat LLAJ. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melukiskan keadaan subyek atau melalui wawancara dan telaah dokumen yang terkait dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pada lingkungan Staf Direktorat LLAJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pada lingkungan Staf Direktorat LLAJ ditinjau dari aspek: 1. Aspek Pengabdian, Kesadaran dan Tangung Jawab, Setiap pegawai negeri sipil belum memiliki sikap, tingkah laku dan perbuatan yang mencerminkan moral aparatur negara.Diluar kedinasan berkelakuan baik dan tidak melakukan perbuatan yang dapat merendahkan martabat Pegawai Negeri Sipil, tidak menyalahgunakan wewenang yang dimiliki, tidak melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan dan peraturan undang-undang yang berlaku. 2. Aspek Jam Kerja Pegawai Negeri Sipil, dari sisiketaatan tersebut peraturan dan tanggungjawabnya dalam berdisiplin kerja masih belum menaati, terlihat dari kurang tepatnya waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan ketepatan waktu absensi pegawaidalam institusi sehingga kurang optimalnya disiplin PNS 3. Aspek Pelayanan Masyarakat, Pelayanan publik atau pelayanan umum dapat di definisikan kurang memuaskan. karena segala bentuk jasa pelayana masyarakat, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tangung jawab dan di laksanakan oleh pegawai terkait dalamrangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka kepuasan pelangan kurang adanya disiplin waktu yang tepat. 4. Aspek Peraturan Kedinasan pegawai dalam sisi ketaatan masih kurang bagus, dalam artian masih ada PNS yang datang terlambat sehingga dalammendisiplinkan waktu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masih dilanggar dalam menaati peraturan PNS di Lingkungan Staf Direktorat LLAJ masih kurang baik hal ini sesuai dengan keterangan menyatakan dalam menaati semua peraturan masih jauh dari harapan atau kurang baik hal ini sesuai dengan absensi yang setiap bulannya banyak yang terlambat dan dalammenyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya masih banyak dalamketerlambatan waktu penyelesaian. Dari hasil penelitian tersebut diatas dapat di simpulkan sebagai berikut 1. Aspek Pengabdian, Kesadaran dan tangung Jawabsetiap pegawai negeri sipil belum memiliki sikap, tingkah laku dan perbuatan yang mencerminkan moral aparatur Negara 2. Aspek Jam Kerja pegawai negeri sipil dari sisi ketaatan tersebut peraturan dan tangung jawabnya dalam berdisiplin kerja masih belum di taati 3. Aspek Pelayanan Masyrakat, Pelayanan publik atau pelayanan umum dapat di definisikan kurang memuaskan 4. Aspek Peraturan Kedinasan pegawai dalam sisi ketaatan masih kurang bagus Dari kesimpulan tersebut maka dapat di rekomendasikan sebagai berikut : 1. Aspek Pengabdian, Kesadaran dan Tangung Jawab di perlukan sikap tidak melakukan perbuatan yang dapat merendahkan martabat pegawai negeri sipil, tidak menyalahgunakan wewenang yang dimili, tidak melakukan perbuatan yang melangar ketentuan dan peraturan undang-undang yang berlaku. 2. Aspek Jam Kerja di perlukan sikap, dan taat terhadap peraturan disiplin PNSsehinga dapat di jadikan pedoman dalam menegakan disiplin. 3. Aspek pelayanan masyrakat perlu menanamkan sikap agar pegawai senantiasa memiliki perasaan senang dan tidak terpaksa untuk memberikan pelayanan terbaik. 4. Aspek peraturan kedinasan sebagai seorang PNS, perlu sikap mentaati peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai negeri Sipil dan Peraturan menteri 37 Jam hadir kedinasan.
Tidak tersedia versi lain