Tesis
Kualitas Pelayanan Pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi
Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas SDM pelayanan, mengingat bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pelayanan memiliki peran strategis sebagai pendorong (key leverage) dari reformasi birokrasi. Arah kebijakan pembangunan di bidang aparatur negara pada RPJMN 2010-2014 adalah Meningkatkan profesionalisme, netralitas dan kesejahteraan SDM aparatur. Peningkatan kualitas SDM aparatur diarahkan untuk mewujudkan SDM aparatur yang profesional, netral, dan sejahtera. Hal tersebut mengindikasikan semakin pentingnya upaya pengembangan kapasitas aparatur pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya kualitas pelayanan pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terhadap Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Terkait dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, maka perlu didukung dengan sumber daya manusia (SDM) pelayanan yang handal, serta ketersediaan sarana dan prasarana termasuk dukungan Teknologi Informasi (IT). Oleh karena itu, kualitas pelayanan sebagai kunci keberhasilan kinerja dalam pelayanan publik pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) harus mendapatkan perhatian utama dalam perbaikan kualitas pelayanan.
Penelitian dengan pendekatan paradigma studi deskrptif ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pradigma studi kasus, metode penelitian deskriptif ini berusaha menggambarkan dan memaparkan suatu gejala sosial. Dengan kata lain penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat studi.
Sedangkan pendekatan studi kasus adalah menekankan pada segi pengamatan langsung secara partisipatif dari peneliti, sehingga dapat diungkapkan fenomena yang terjadi serta hal-hal yang melatar belakanginya.
Tidak tersedia versi lain