Skripsi
Indeks Kepuasan Pengguna Terhadap Pelayanan Arsip Statis Di Sub Direktorat Layanan Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia
Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui tentang bagaimana kualitas pelayanan arsip statis di Subdirektorat Layanan Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan bahan evaluasi bagi pelayanan arsip statis yang telah dilakukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan arsip statis di Subdirektorat Layanan Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia menurut hasil pengguna adalah baik. Untuk lebih mengoptimalkan kualitas pelayanan arsip statis tersebut, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut: 1. Prosedur pelayanan lebih mudah dan tidak berbelit-belit. 2. Persyaratan pelayanan dapat lebih modern dan berbasis sistem IT. 3. Kejelasan petugas pelayanan lebih ditingkatkan lagi dengan adanya pemetaan keahlian petugas layanan atau leader consultan. 4. Kedisiplinan petugas layanan lebih ditingkatkan lagi untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan arsip statis. 5. Tanggung jawab petugas pelayanan lebih ditingkatkan dalam melayani pengguna dalam mencari informasi. 6. Kemampuan petugas pelayanan lebih ditingkatkan lagi dalam penyampaian informasi kepada pengguna, pemahaman dalam bidang kearsipan, pemahaman masing-masing karakter pengguna, kemampuan berbahasa inggris dan memiliki jiwa pelayan masyarakat. 7. Kecepatan pelayanan lebih ditingkatkan lagi terkait koordinasi dengan unit pendukung pelayanan. 8. Keadilan mendapatkan pelayanan lebih ditingkatkan lagi supaya tidak terjadi lintas jalur peminjaman arsip tanpa melalui ruang baca dikarenakan kedekatan pengguna dengan para pejabat. 9. Kewajaran biaya pelayanan sudah wajar tetapi dan tetap berpegangan teguh kepada PP Nomor 63 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. 10. Kepastian biaya pelayanan sudah sesuai dan lebih ditingkatkan berdasarkan kepada PP Nomor 63 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. 11. Kepastian jadwal pelayanan sudah pasti tetapi diharapkan hari libur tetap buka pelayananya. 12. Kesopanan dan keramahan petugas pelayanan dipertahankan berdasarkan hasil penghitungan kuesioner yang mendapat nilai sangat baik. 13. Kenyamanan lingkungan dipertahankan berdasarkan hasil penghitungan kuesioner yang mendapat nilai sangat baik. 14. Keamanan pelayanan dipertahankan berdasarkan hasil penghitungan kuesioner yang mendapat nilai sangat baik.
Tidak tersedia versi lain