Skripsi
Pengaruh Customer Relationship Management dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction BPJS Ketenagakerjaan Bekasi
Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, namun bagi sektor informal keikutsertaan dalam melindungi tenaga kerja masih belum merata. BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk mensejahterakan pekerja dengan memberikan perlindungan bagi seluruh tenaga kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada BPJS Ketenagakerjaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel penelitian terdiri dari 110 responden yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan karakteristik mayoritas berusia 21-25 tahun (54,5%), didominasi perempuan (63,6%), dan sebagian besar bekerja sebagai pegawai swasta (61,8%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai t-hitung 2,571 dan signifikansi 0,011 < 0,05. Service Quality juga berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai t-hitung 8,135 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, CRM dan Service Quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai F-hitung 99,062 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai R Square sebesar 0,649 menunjukkan bahwa 64,9% variasi customer satisfaction dapat dijelaskan oleh variabel CRM dan Service Quality, sedangkan 35,1% sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Service Quality memiliki pengaruh lebih dominan (? = 0,649) dibandingkan CRM (? = 0,205). Penelitian ini merekomendasikan agar BPJS Ketenagakerjaan memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan serta mengoptimalkan strategi CRM untuk mencapai kepuasan pelanggan yang maksimal.
Tidak tersedia versi lain