Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Mandiri KC Bekasi Jatiwaringin
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Mandiri KC Bekasi Jatiwaringin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang diterapkan meliputi probability sampling dan non-probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 391 nasabah aktif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Demikian pula, variabel Kepuasan Nasabah (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Secara simultan, kedua variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah merupakan faktor kunci dalam membangun dan memperkuat loyalitas nasabah. Rekomendasi penelitian ini adalah agar Bank Mandiri KC Bekasi Jatiwaringin terus meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga kepuasan nasabah agar dapat mempertahankan serta memperluas basis nasabah yang loyal.
Tidak tersedia versi lain