Skripsi
EFEKTIVITAS PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SETIA MULYA 01 KABUPATEN BEKASI
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) dalam memenuhi kebutuhan pendidikan di SDN Setia Mulya 01 Kabupaten Bekasi. Program Indonesia Pintar merupakan kebijakan pemerintah yang dirancang untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak anak dari keluarga miskin melalui pemberian bantuan tunai pendidikan secara langsung. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk, bagaimana efektivitas implementasi PIP terhadap pemenuhan kebutuhan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Setia Mulya 01 Kabupaten Bekasi. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, digunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak pegawai Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, pegawai Tata Usaha, peserta didik, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PIP belum sepenuhnya berjalan efektif. Terdapat sejumlah faktor penghambat, diantaranya adalah kurangnya pemahaman dari wali murid dan peserta didik mengenai prosedur serta tujuan program, serta keterbatasan jumlah siswa yang menerima bantuan. Terdapat faktor pendukung berupa keterlibatan pihak sekolah dalam proses administrasi pengisian data peserta didik sebagai penyaluran bantuan. Namun, keterlibatan ini belum berjalan secara maksimal karena belum mencakup seluruh aspek pelaksanaan program, terutama pada tahap pemantauan dan evaluasi. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan yang lebih aktif dan menyeluruh dari pihak sekolah, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan program, agar pelaksanaan Program Indonesia Pintar dapat berjalan lebih optimal dan tepat sasaran dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan siswa.
Tidak tersedia versi lain