Skripsi
Strategi Optimalisasi Penerapan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi SDM Dengan Layanan Excellent (SMILE) Di Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah menjalankan konsep e-Government sebagai bagian dari upaya reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau penerapan dan pengembangan aplikasi Sistem Manajemen Informasi SDM dengan Layanan Excellent (SMILE) di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Metode yang digunakan pada penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi kepada pegawai yang terlibat langsung dalam pengembangan dan penerapan SMILE yang dilaksanakan pada saat SMILE diterapkan secara aktif di lingkungan kerja BPKP. Namun pada penerapannya, masih ditemukan pegawai yang belum melakukan pemutakhiran data dan beberapa kendala terjadi dari segi dukungan, kapasitas, serta manfaat aplikasi. Adapun saran yang peneliti rekomendasikan yaitu dengan memfinalisasi regulasi, meningkatkan sosialisasi pemutakhiran data, menyelenggarakan pelatihan digital pegawai, melibatkan pegawai dalam proses evaluasi, dan mendorong pegawai memberikan data faktual dalam proses pemutakhiran data di aplikasi SMILE. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai tantangan dan peluang dalam implementasi aplikasi SMILE sebagai bagian dari transformasi digital di lingkungan BPKP. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengambilan kebijakan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan sumber daya manusia melalui pemanfaatan teknologi informasi yang lebih optimal. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan e-Government yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan dan akuntabilitas birokrasi di sektor publik.
Tidak tersedia versi lain