Skripsi
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perumda Air Minum (PAM) Jaya
Aplikasi SIRUKIM dibuat oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi DKI Jakarta, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyewa rumah susun dan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang tinggal di tempat yang layak huni di Provinsi DKI Jakarta. Namun, sampai saat ini aplikasi ini oleh sebagian masyarakat masih dirasa kurang efektif. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi SIRUKIM dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, wawancara, dan observasi. Aspek yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek sosialisasi, aspek ketepatan sasaran, aspek tujuan, aspek pemantauan, dan aspek perubahan nyata. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi SIRUKIM cukup efektif dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan perumahan layak huni. Untuk lebih mengefektifkan peran aplikasi ini, peneliti menyarankan kepada DPRKP Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan sosialisasi di tempat-tempat umum yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat, membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), melakukan kunjungan ke UPRS secara serentak dalam wilayah kota administrasi yang sama untuk melakukan verifikasi secara langsung bersama masyarakat yang akan menyewa rusun, membentuk gugus tugas, melakukan pertemuan bersama pihak terkait untuk menyampaikan keluhan dan masukan terhadap aplikasi SIRUKIM, dan melakukan kerja sama dengan pihak terkait untuk mewajibkan masyarakat rusun menggunakan aplikasi SIRUKIM dalam kegiatan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain