Skripsi
Optimalisasi Proses Bisnis Collecting Jasa Pengiriman Ekspres Dengan Metode Business Process Improvement (BPI) Pada Gerai Bersama Asperindo Multiekspres
Dalam sektor pos, efisiensi proses bisnis sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kinerja perusahaan. Berdasarkan observasi, ditemukan beberapa gejala permasalahan pada proses bisnis collecting, seperti kesalahan input data kiriman, proses serah terima kiriman yang belum efektif dan efisien, belum terintegrasinya proses rekapitulasi penjualan, dll. Gejala-gejala permasalahan tersebut menunjukkan belum optimalnya proses bisnis collecting. Penelitian ini bertujuan untuk optimalisasi proses bisnis collecting di Gerai Bersama Asperindo Multiekspres menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa penelaahan dokumen, wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan Business Process Management (BPM) yang diuraikan menggunakan tiga fase Business Process Improvement (BPI), yaitu: organizing for improvement, understanding the process, dan streamlining. Pada organizing for improvement, Gerai Multiekspres berfokus pada efisiensi layanan, pengurangan kesalahan, dan kepuasan pelanggan melalui pendekatan pembagian tugas, penggunaan teknologi, dan pelatihan berkelanjutan. Selanjutnya pada understanding the process, proses collecting di Gerai Multiekspres mencakup penerimaan barang, serah terima kiriman, dan rekapitulasi penjualan dan penyetoran harian dengan jumlah aktivitas sebanyak 22 kegiatan. Kendala utama adalah lamanya proses transaksi kiriman, kesalahan input data, belum efektif dan efisiennya proses serah terima kiriman serta rekapitulasi manual yang memperlambat operasional. Streamlining menyederhanakan alur kerja dengan mengurangi aktivitas yang tidak bernilai tambah dan menerapkan otomasi untuk mempercepat proses operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BPI mengurangi waktu proses dari 106 menit menjadi 67 menit, mengurangi aktivitas dari 22 kegitan menjadi 10 kegiatan, dan meningkatkan efisiensi throughput dari 71% menjadi 76%.
Tidak tersedia versi lain