Skripsi
Strategi Pengembangan Bisnis Pada Unit Usaha Toko Koperasi Pegawai Departemen KoperasI (KPDK MART)
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Strategi Pengembangan Bisnis Pada Unit Usaha Toko Koperasi Pegawai Departemen Koperasi (KPDK Mart)?" Adapun yang menjadi dari tujuan penelitian adalah "Untuk mengetahui strategi yang dapat dijadikan referensi dan masukan oleh unit usaha toko Koperasi Pegawai Departemen Koperasi (KPDK Mart)". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan Analisis SWOT (Matiks IFE & EFE) dan Analisis Prospektif Partisipatif. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan terjun langsung ke lapangan dan wawancara dengan para pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 variabel utama yang menjadi penentu dalam penyusunan strategi unit usaha toko KPDK Mart, yaitu 1) kategori produk. 2) kerjasama kemitraan, 3) pengelolaan keuangan, 4) pelayanan toko, 5) anggota koperasi, dan 6) loyalitas konsumen. Selain itu dari 10 rumusan strategi yang disusun, hanya terdapat 3 strategi yang menjadi prioritas. Hal ini dikarenakan diagram hasil analisis SWOT menunjukkan untuk berfokus pada strategi W-O (Weakness-Opportunity). Rekomendasi penelitian: Sebaiknya KPDK Mart mencari mitra usaha yang bisa menawarkan produk elektrik seperti pulsa, dan listrik; Menjaring mitra usaha dengan produk unik dan berkualitas sebagai buah tangan dari Kementerian Koperasi dan UKM; Mengajukan kerjasama kepada pihak Bank lain untuk menambahkan opsi pelayanan transaksi dan tarik tunai.
Tidak tersedia versi lain