Skripsi
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PEMBELAJARAN ONLINE (Studi Kasus pada Platform Muslim Creator Class)
Pembelajaran desain secara online telah mengalami perkembangan pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tren dalam kelas online desain dan digital marketing di Indonesia pada tahun 2024 menunjukkan adanya pertumbuhan yang signifikan. Muslim Creator Class hadir sebagai pilihan menarik dengan menyediakan kelas desain grafis dan digital marketing berkualitas. Lebih dari 25.000 alumni telah bergabung dan memanfaatkan beragam kelas pembelajaran yang tersedia di platform ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pembelajaran online Muslim Creator Class. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling terhadap 104 responden pengguna Muslim Creator Class melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan yang tinggi terhadap keputusan pembelian sebesar 64,9%. Di sisi lain, persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai hanya sebesar 7,3%, sedangkan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 20,8%. Secara keseluruhan, kualitas produk, persepsi harga, dan promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 69,1%, sementara 30,9% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam konteks ini, Muslim Creator Class perlu terus mengembangkan produknya dengan variasi yang lebih baik dan meningkatkan kreativitas dalam strategi promosi untuk memperluas jangkauan dan daya tarik produk mereka di pasar pembelajaran online yang semakin kompetitif.
Tidak tersedia versi lain