Tesis
Evaluasi Kualitas Pelayanan Trans Jakarta Busway
Penelitian ini berjudul Evaluasi Kualitas Pelayanan Transjakarta Busway dan akan membahas tentang permasalahan dalam kenyataan operasionalnya untuk transportasi umum massal, transjakarta yang awalnya diusung dan diharapkan memecahkan salah sistem transportasi umum di Jakarta yang sudah sangat memprihatinkan, diakibatkan kualitas pelayanan yang buruk. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji lebih dalam mengenai kenyamanan, keamanan dan kemudahan mendapatkan busway sebagai upaya untuk peningkatan tingkat layanan di Transjakarta Busway. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, Peneliti langsung masuk ke lapangan dan berusaha mengumpulkan data secara lengkap sesuai dengan pokok permasalahan yang berhubungan dengan kualitas pelayanan Transjakarta Busway. Data yang dihimpun sesuai fokus penelitian berupa kata-kata, tindakan, situasi, dokumentasi dan peristiwa yang diobservasi. Pengumpulan data/informasi ini peneliti sekaligus sebagai instrumen yang dilakukan dengan kegiatan wawancara (Indepth interview) orang-orang terpilih. Dari hasil peneltian Kenyamanan Transjakarta Penerangan di dalam Halte, Kepadatan Penumpang di dalam Halte, Suhu di dalam Bus, Penerangan di dalam Bus, Kepadatan Penumpang di dalam Bus, Waktu tunggu.Keamanan ada beberapa yang perlu ditingkatkan seperti Keamanan terhadap copet dan pelecehan seksual di dalam Halte, Keamanan copet dan pelecehan seksual di dalam Bus. Kemudahan masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu Kemudahan mendapatkan informasi tentang TransJakarta, Kemudahan penjualan Tiket dalam bentuk e ticket yang dapat diisi ulang dengan gampang, Kemudahan menyampaikan pengaduan, Kemudahan akses menuju/dari Halte. Kesimpulan Penelitian ini untuk perbaikan kualitas pelayanan transjakarta adalah program training sesuai standar pelayanan ditetapkan, Melakukan evaluasi secara rutin dan berkala terhadap standar pelayanan minimal, Hubungan kerja sama antara lembaga pemerintahan, operator dan swasta untuk kepentingan pelayanan.
Tidak tersedia versi lain