Tesis
Pelaksanaan Penyusunan Anggaran (Budgeting) pada Biro Umum Badan Pemeriksa Keuangan RI
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penyebab Pelaksanaan Penyusunan Anggaran pada Biro Umum BPK RI yang masih belum berjalan dengan baik serta menentukan model Pelaksanaan Penyusunan Anggaran yang tepat sebagai strategi memperbaiki Pelaksanaan Penyusunan Anggaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan telaahan dokumen dengan informan kunci sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi permasalahan pada faktor prosedur, sumber daya, komitmen dan komunikasi pada tahapan penyusunan anggaran meliputi Tahap Pra Penyusunan RKA, Tahap penyusunan RKA Berdasarkan Pagu Anggaran dan Tahap Penelitian dan Reviu RKA. Rekomendasi dari penelitian ini adalah Biro Umum segera melakukan evalusasi atas pelaksanaan penyusunan anggaran pada faktor prosedur dengan menyusun kegiatan dengan membuat skala prioritas kebutuhan, membuat cheklist kelengkapan dokumen serta reviu dokumen KAK dan RAB. Kemudian pada faktor sumber daya dengan penambahan jumlah personil penyusun anggaran dengan melibatkan Kepala Biro Umum, Pengelola PBJ, Pengelola BMN, Pemeliharaan Gedung, Kendaraan dan BMN, Manager Inisiatif Strategis dan Pejabat Penghubung Perencanaan dan Penganggaran. Selanjutnya pada faktor komitmen agar pelaksanaan penyusunan anggaran Biro Umum perlu dimasukkan ke dalam Sasaran Kerja Pegawai dan pada faktor komunikasi agar dilaksanakan Focus Group Discussion empat pihak secara rutin.
Tidak tersedia versi lain