Tesis
Pengelolaan Persediaan Suku Cadang Kapal Pengawas Perikanan Di Kementerian Kelautan Dan Perikanan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akar permasalahan dan merumuskan proses bisnis pengelolaan persediaan suku cadang kapal pengawas perikanan di Direktorat Pemantauan dan Operasi Armada, Kementerian Kelautan dan Perikanan agar optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan, dan analisis data serta dokumen. Teori manajemen persediaan dan klasifikasi ABC digunakan untuk memahami siklus pengelolaan persediaan suku cadang. Penelitian ini dibatasi pada aspek pengendalian, penyimpanan, pembelian, pengiriman, dan penerimaan persediaan berdasarkan teori Kinnison dan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan suku cadang di Direktorat POA belum optimal karena beberapa faktor: 1) inventarisasi, terdapat kesenjangan pengetahuan dan kompetensi SDM operator komitmen disebabkan operator komitmen tanpa latar belakang pengetahuan persediaan tidak terlibat dalam pencatatan persediaan akibat perubahan mekanisme SAKTI; 2) pengadaan suku cadang yang dilakukan setahun sekali tidak adaptif terhadap perubahan jumlah hari operasi kapal pengawas dan kebijakan anggaran, mengakibatkan kelebihan stok di gudang; 3) pengiriman dan pemakaian suku cadang masih dimonitor secara manual menggunakan Ms. Excel, sehingga rentan terhadap ketidaksesuaian pencatatan fisik dan aplikasi. Dalam rangka optimalisasi pengelolaan suku cadang, dirumuskan beberapa saran, yaitu 1) peningkatan kompetensi operator komitmen serta verifikasi pencatatan; 2) pengadaan suku cadang melalui kontrak payung berdasarkan Klasifikasi ABC dan Metode EOQ; serta 3) pengembangan sistem yang mengintegrasikan pengiriman dan pemakaian suku cadang. Saran tersebut dituangkan dalam proses bisnis pengelolaan suku cadang yang diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan suku cadang.
Tidak tersedia versi lain