Skripsi
Evaluasi Keberlanjutan Aksi Perubahan Pada Lulusan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Dan Administrator Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberlanjutan aksi perubahan lulusan pelatihan kepemimpinan pegawai di Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Teori yang digunakan adalah teori De Jong dan Den Hartog yang menguraikan bahwa untuk mengetahui keberlanjutan aksi perubahan dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu eksplorasi pengembangan ide serta dampak aksi perubahan serta implementasi yang dirasakan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitian pedoman wawancara. Informan kunci dalam penelitian ini ada delapan alumni peserta yang pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan dimana terdiri dari lima orang lulusan pelatihan kepemimpinan pengawas 2023, dua orang lulusan pelatihan kepemimpinan pengawas 2022 serta satu orang lulusan pelatihan kepemimpinan administrator 2022. Hasil dari penelitian dilihat dari aksi perubahan yang telah dibuat para informan kalau aksi perubahan itu tidak hanya hal yang bersifat teknologi tetapi bisa berbentuk sederhana yang penting bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luas. Pembahasan dalam penelitian ini para informan atau lulusan pelatihan kepemimpinan membuat aksi perubahan karena mereka menemukan gap atau kesenjangan di tempat masing-masing mereka bekerja dan pembuatan produk aksi perubahan dibimbing dengan maksimal saat mereka melakukan pelaksanaan pelatihan kepemimpinan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa evaluasi keberlanjutan inovasi penggunaanya bisa bermanfaat dalam waktu jangka panjang jika para informan terus mengembangkan idenya. Terakhir saran dalam penelitian ini dikemukakan untuk tiga pihak antara lain Masyarakat yang memakai aksi perubahan, Pegawai Di Instansi atau lulusan peserta pelatihan, dan Peneliti.
Tidak tersedia versi lain