Skripsi
Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pengunjung Gerai Dekranasda Jakarta Barat
Dekranasda Jakarta Barat merupakan Dewan Kerajinan Nasional Tingkat Daerah yang memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi industri kerajinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya perajin produk lokal. Dekranasda Jakarta Barat juga berperan dalam meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan para perajin melalui berbagai aktivitas pelatihan dan pembinaan serta memfasilitasi perajin dalam aktivitas promosi produk lokal. Kurangnya penelitian di Dekranasda Jakarta Barat menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya peran Dekranasda Jakarta Barat khususnya dalam meningkatkan penjualan produk lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus lemeshow. Terdapat 97 responden yang telah mengisi kuesioner dengan kriteria pernah membeli produk di Gerai Dekranasda Jakarta Barat. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 23 dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan promosi secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan peneliti adalah Dekranasda Jakarta Barat perlu menyediakan layanan pasca pembelian, menekankan desain produk pada karakteristik Kota Administrasi Jakarta Barat, dan membuat grup komunitas untuk mendukung aktivitas broadcasting dalam rangka menciptakan pembelian kembali.
Tidak tersedia versi lain