Skripsi
Evaluasi Kinerja Pelayanan Jamuan Kenegaraan Kepada Tamu Negara Di Istana Negara Jakarta
Dalam konteks kehidupan organisasi, keberadaan unsur pelayanan merupakan instrumen yang penting, dalam upaya mewujudkan tujuan organisasi Biro Pengeloaan Istana merupakan salah satu unit yang berada di lingkungan Sekretariat Presiden, yang salah satu kegiatannya adalah pelayanan jamuan kenegaraaan di Istana Negara Jakarta. Sukses tidaknya pelayanan kepada para tamu negara dalam acara jamuan kenegaraan selain mencerminkan martabat dan peradaban bangsa Indonesia juga menggambarkan keberadaan dan kesungguhan menjalin hubungan dengan pihak tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Jamuan Kenegaraan Kepada Tamu Negara Di Istana Negara Jakarta. Adapun yang menjadi aspek dalam penelitian ini adalah : Visi & misi pelayanan, Sistem & prosedur pelayanan, Sumber daya manusia (SDM) pelayanan, Sarana & prasarana pelayanan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta telaah dokumen guna memperkaya hasil penelitian. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan data, menganalisis dan mendiskripsikan. Hasil penelitian adalah sebagian besar pegawai yang memberikan pelayanan belum mengetahui visi & misi yang ada pada Biro Pengelolaan Istana. Lalu Sistem & Prosedur Kerja sudah ada, namun tidak secara khusus, rinci, dan detail mengatur mengenai pelaksanaan tugas pramusaji. Terkait dengan SDM, pelaksanaan tugas pramusaji dari sisi kualitas masih perlu untuk ditingkatkan, hal ini disebabkan oleh tingkat/latar belakang pendidikan SDM yang ada masih kurang memenuhi kualifikasi yang disyaratkan sebagai pramusaji. Lalu Sarana & Prasarana Pelayanan yang ada kurang lengkap, hal ini dapat kita lihat dari Daftar Inventaris Barang Biro PI Setpres Tahun 2011. Saran yang dapat disampaikan adalah perlu diadakan visi & misi tersebut dibuatkan kedalam sebuah buku kecil yang sewaktu-waktu dapat dibaca. Perlu disusun suatu sistem & prosedur kerja yang lebih rinci dan detail mengenai pelaksanaan tugas pramusaji dalam pelayanan jamuan kenegaraan dengan mengacu pada sistem & prosedur kerja yang ada dan tertuang dalam Buku Petunjuk Pelaksanaan Acara Kunjungan Tamu Negara untuk dijadikan sebagai acuan yang baku dalam pelaksanaan tugas pramusaji dalam pelayanan jamuan kenegaraan. Ditinjau dari SDM, disarankan perlu diadakan peningkatan pengalaman dengan mengirim pegawainya untuk mengikuti diklat-diklat peningkatan kompetensi pegawai pelayanan tersebut. Dari aspek Sarana & Prasarana Pelayanan Pemerintah khususnya instansi terkait yang mempunyai tugas penetapan anggaran hendaknya lebih memprioritaskan akan kebutuhan-kebutuhan terhadap peningkatan kualitas sarana & prasarana pelayanan jamuan kenegaraan, sehingga dapat berimplikasi pada meningkatnya efektifitas dan efisien dari kegiatan acara tersebut.
Tidak tersedia versi lain