Skripsi
Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Aparatur (SIAP) dalam Peningkatan Kualitas Layanan Kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bekasi
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi telah merancang dan mengengembangkan aplikasi Sistem Informasi Aparatur (SIAP) untuk mengelola administrasi, data dan informasi terkait pegawai. Sistem ini dirancang guna meningkatkan kualitas layanan kepegawaian dan mencapai kepuasan pegawai dengan memberikan pelayanan yang cepat, efektif, efisien, akurat, dan transparan, aplikasi SIAP dapat membantu suatu instansi dalam mencapai tujuan SDM dan dapat meningkatkan kinerja pegawai secara keseluruhan. Sistem ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) yang merupakan sistem pusat milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam mengelola kepegawaian secara nasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan hasil penemuan yang dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi SIAP sudah memberikan dampak yang besar dalam pengelolaan kepegawaian. Namun masih memiliki kendala berdasarkan hasil SKM yaitu sarana dan prasarana, waktu pelayanan dan produk layanan. Kendala berdasarkan hasil wawancara adalah Jaringan, adanya pergantian admin/operator dan data yang belum terupdate. Saran yang dapat direkomendasikan oleh peneliti yaitu: Melakukan pembaruan data pegawai secara berkala setiap 2 bulan sekali atau di sesuaikan, Diusahakan dalam proses pelayanan memiliki timeline waktu yang pasti disesuaikan dengan kapan pelayanan tersebut diajukan, Melakukan sosialisasi mengenai standar pelayanan, Melakukan upgrade sistem secara berkala, Membangun infrastruktur jaringan internet di BKPSDM Kota Bekasi
Tidak tersedia versi lain