Skripsi
Pelaksanaan Manajemen Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial
Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Manajemen Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial. Aspek yang diteliti terdiri dari Perencanaan Kinerja, Pelaksanaan Rencana Kinerja, Penilaian Kinerja (Reviewing). Penelitian dilakukan dengan metode Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada key informant dan juga telaah dokumen. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumen yang mendukung dapat disimpulkan bahwa di lingkungan Sekretariat Badiklitkesos proses manajemen kinerja pegawai telah dilakukan, diantaranya dengan pelaksanaan penyusunan dan pengukuran Sasaran Kerja Pegawai sebagai salah satu cara untuk melihat kinerja seorang pegawai. Form SKP telah sesuai dengan PERKA BKN Nomor 1 Tahun 2013, walaupun belum dilakukan SKP online. Selanjutnya sesuai aspek yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan Kinerja (planning) dalam hal ini dituangkan dalam penyusunan Sasaran Kerja Pegawai di awal tahun, walaupun ada sedikit keterlambatan dalam penyerahan dokumen perencanaan. ix 2. Pelaksanaan Rencana Kinerja (Acting) di lingkungan Sekretariat Badiklitkesos, SKP telah dilaksanakan selama tahun berjalan. Akan tetapi dari hasil penelitian diketahui bahwa masih belum optimal. 3. Penilaian Kinerja (Reviewing) telah dilakukan 1 (satu) tahun sekali, dengan menilai Sasaran Kerja Pegawai dan perilaku pegawai, walaupun ada beberapa bagian yang terlambat. Kriteria/pedoman untuk menetapkan nilai telah mengacu pada lampiran perka BKN tentang form SKP, tetapi pada pelaksanaanya masih ada faktor perasaan dan subjektif. Hasil penilaian baru digunakan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat saja. Dari hasil yang telah didapat dari penelitian, disarankan: 1. Melaksanakan sosialisasi SKP sehingga didapat informasi yang sesuai peraturan dan satu pengertian sehingga penyerahan dokumen perencanaanpun dapat tepat waktu, 2. Untuk pelaksanaan rencana kinerja, disarankan Pegawai tetap mengkomunikasikan ,mengumpulkan data pekerjaan. Pimpinan terus memberikan motivasi, memantau dan mendokumentasikan hasil pekerjaan pegawai sebagai bahan data dukung ketercapaian kinerja. Sementara untuk pengawasan pelaksanaan selain pengamatan dan monitoring disarankan untuk melakukan pertemuan periodik. Penggunaan form laporan harian kerja yang telah diterapkan oleh sebagian pegawai dapat diteruskan. 3. Pejabat penilai dapat diberikan sosialisasi mengenai cara penilaian yang berpedoman pada kriteria yang telah ditentukan, hasil kerja yang dicapai dapat dilihat berdasarkan pengamatan pelaksanaan tugas, hasil laporan x pekerjaan dan juga perilaku yang ditunjukkan. Disarankan juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pemberian rekomendasi. Selain itu disarankan juga agar SKP dapat diterapkan secara online, pekerjaan pegawai langsung dapat di rekam, pemantauan, hal ini juga sesuai dengan misi reformasi birokrasi yaitu mengelola sengketa administrasi secara efektif dan efisien.
Tidak tersedia versi lain