Tesis
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Biro Umum Kementerian Riset Dan Teknologi
Kementerian Riset dan Teknologi adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bertugas membantu dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia dalam rangka memformulasikan kebijakan dan mengkoordinasi riset pada sektor ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta mengelola dan memperluas Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam hal ini bahwa fungsi Biro Umum Kementerian Riset dan Teknologi adalah dalam rangka : 1. Penyusunan petunjuk pembinaan, pengelolaan dan pelaksanaan administrasi kepegawaian dan organisasi tata laksana. 2. Pengelolaan dan pelaksanaan urusan administrasi keuangan. 3. Pengelolaan dan pelaksanaan administrasi perlengkapan, dan 4. Pelaksanaan urusan tata usaha pimpinan. Kinerja, baik individu maupun organisasi menjadi syarat utama demi terselenggaranya tugas/fungsi secara optimal pada Biro Umum Kementerian Riset dan Teknologi. Melalui gaya kepemimpinan dan komunikasi diharapkan kinerja pegawai dapat ditingkatkan kemampuannya dalam rangka melaksanakan pekerjaan untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi / instansi Kementerian Riset dan Teknologi pada umumnya. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan komunikasi baik secara sendirisendiri maupun secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan viii komunikasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Biro Umum Kementerian Riset dan Teknologi. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitaf. Penggunaan metode eksplanatif ini dimaksudkan tidak hanya sekedar mendiskripsikan atau menjelaskan sesuatu fenomena seperti apa adanya secara empiris, tetapi berusaha lebih jauh lagi untuk dapat menjawab pokok permasalahan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas gaya kepemimpinan dan komunikasi terhadap variabel terikat kinerja pegawai. Konsep penelitian yang diajukan terhadap variabel gaya kepemimpinan meliputi indikator : menetapkan batas waktu penyelesaian tugas, memberikan arahan dan petunjuk kepada bawahan, mendukung dan mendorong bawahan dan keinginan berkonsultasi dan bermusyawarah. Variabel Komunikasi meliputi: adanya pemberian petunjuk, adanya pemberian perintah, adanya pemberian teguran, adanya pemberian pujian, adanya kesempatan bawahan untuk menyampaikan pendapat, adanya penyampaian laporan, adanya kesempatan bawahan untuk menyampaikan keluhan dan adanya kesempatan bawahan untuk menyampaikan saran-saran. Kemudian variabel kinerja pegawai meliputi : hasil kerja, proses kerja, dan efektivitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Biro Umum, Kementerian Riset dan Teknologi berjumlah 71 orang yang dianggap homogen. Instrumen utama untuk pengambilan data menggunakan kuesioner tertutup, didukung teknik pengumpulan data lainnya seperti studi kepustakaan dan pengamatan langsung pada obyek penelitian. Untuk memperoleh hasil penelitian yang bersifat ilmiah sebelum disampaikan kepada responden terlebih dahulu dilakukan uji kenormalan, uji reliabilitas dan uji validitas butir instrumen. Hasil penelitian ini secara umum diharapkan dapat bermanfaat bagi kemajuan dunia ilmu pengetahuan, khususnya bidang ilmu administrasi dan secara khusus sebagai masukan bagi pengambilan kebijakan pada Biro Umum Kementerian Riset dan Teknologi
Tidak tersedia versi lain