Tesis
Pengaruh Kompetensi Guru Dan Semangat Kerja Guru Terhadap Mutu Penyelenggaraan Sekolah Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MtS) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur
Mutu penyelenggaraan sekolah adalah kemandirian dan keunggulan sekolah dalam menyelenggarakan segenap aktivitas belajar mengajar yang dilandasi oleh manajemen berbasis sekolah. Untuk dapat terselenggaranya kegiatan sekolah yang berkualitas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang antara lain adalah kompetensi guru dan semangat kerja guru. Kompetensi guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak terkait dengan tugas profesinya. Semangat kerja guru adalah dorongan yang ada dalam diri seorang guru untuk melaksanakan aktivitas belajar mengajar yang dilandasi motivasi atau kehendak melakukan tugas profesional yang diserahkan kepadanya dengan komitmen yang tinggi. Dalam era globalisasi saat ini, mutu penyelenggaraan sekolah sangat bergantung sekali pada faktor internal dan eksternal yang ada di lingkungan sekolah. Faktor internal yang berkaitan dengan berbagai elemen yang ada dalam suatu sekolah, apakah menyangkut tentang kualitas guru atau tenaga pengajar, kepemimpinan seorang kepala sekolah sebagai supervisi, dukungan tenaga ketatausahaan dan sarana prasarana yang ada. Sedangkan faktor eksternal lebih cenderung pada partisipasi masyarakat dalam mendukung eksistensi suatu sekolah. Untuk memperoleh akreditasi bagi suatu sekolah, bukanlah suatu hal yang mudah karena berkaitan dengan berbagai standar atau ukuran yang harus dipenuhi pencapaiannya, antara lain standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan dan standar-standar lainnya. Untuk melihat mutu penyelenggaraan sekolah, kita harus mengacu pada butir-butir penilaian yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Propinsi Sekolah/Madrasah tentang kualitas penyelenggaraan sekolah yang dijabarkan dalam Standar Nasional Pendidikan yang sudah ditetapkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah mutu penyelenggaaraan sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur, yang akan peneliti lihat dari sudut pandang kompetensi guru dan semangat kerja guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh kompetensi guru dan semangat kerja guru terhadap mutu penyelenggaraan sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur. Dalam penenlitian ini yang dijadikan sebagai subyek penelitian adalah para guru yang mengajar pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur sebanyak 41 orang. Metode yang peneliti gunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif kausalitas, dengan teknik pengumpulan data berupa panduan kuesioner untuk memperoleh data primer dan studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Tahapan yang dilakukan dalam pengolahan data penelitian adalah dengan melakukan pengujain instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas data penelitian. Tahapan berikutnya adalah melakukan pengujian hipotesis berupa analisis regresi dengan uji linieritas dan uji keberatiran regresi, analisis korelasi dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi guru terhadap mutu penyelenggaraan sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur menunjukkan kontribusi yang cukup bagus, karena pengaruh dan hubungannya berada pada tingkatan sedang. Semangat kerja guru terhadap mutu penyelenggaraan sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda, Cakung, Jakarta Timur pengaruhnya juga menunjukkan pada tingkatan sedang. Sedangkan pengaruh dan hubungan secara bersama-sama antara Kompetensi Guru dan Semangat Kerja Guru terhadap Mutu Penyelenggaraan Sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur, kontribusinya juga sedang. Mempedomani hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut, peneliti juga memberikan beberapa saran, antara lain : 1. Pihak Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Nurul Huda Cakung, Jakarta Timur harus senantiasa melakukan evaluasi terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 2. Dalam rangka peningkatan kompetensi agar lebih bagus lagi, kiranya para guru ditugaskan untuk mengikuti pelatihan fungsional yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan proses pembelajaran. 3. Pihak sekolah agar melengkapi sarana dan prasarana pendukung pembelajaran seperti labor sekolah, fasilitas pendukung lainnya seperti komputer dan lain sebagainya.
Tidak tersedia versi lain