Tesis
Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu Pada Samsat Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI)Jakarta (Studi kasus SAMSAT Keliling, SAMSAT Gerai Mall pada SAMSAT Jakarta Utara
Tesis ini membahas analisis penerapan Sistem Manajemen Mutu di Kantor SAMSAT Jakarta Utara terhadap kualitas pelayanan dengan mengukur nilai IKM dan di analisis menggunakan digram Kartesius. Dimensi-dimensi kualitas pelayanan yang diteliti adalah bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati melalui pengembangan pelayanan Samling, Gerai Mall Samsat. Teknik mengumpulkan data dengan kuesioner dari wajib pajak, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis data deskriftif kualitatif -kuantitatif. Pengukuran kuantitatif menggunakan IKM dan diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SMM pada SAMSAT Provinsi DKI Jakarta di dalam penelitian ini pengembangan pelayanan Samling, Gerai Mall Samsat telah berjalan dengan baik. Hal ini sesuai respon masyarakat pengguna layanan melalui kuesioner dan nilai IKM yang menyatakan bahwa pelayanan, mutu, dan kinerjanya “baik”. Namun nilai IKM rata-rata SAMSAT Jakarta Utara= 80,50 masih dibawah standar Kementrian pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi Birokrasi dimana nilai IKMnya yaitu 90.
Tidak tersedia versi lain