Skripsi
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Halo Djki Pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual)
Kekayaan Intelektual adalah sebuah aset berharga yang dapat memajukan perekonomian suatu bangsa. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai lembaga tunggal yang menangani pendaftaran dan pelindungan KI di Indonesia. Dalam konteks pelayanan pendaftaran kekayaan intelektual terdapat beberapa fasilitas yang telah di buat oleh pihak DJKI seperti halnya Halo DJKI, yang fungsinya memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai pendaftaran kekayaan intelektual. Dari fungsinya tersebut maka penting untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Layanan Halo DJKI. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat pelayanan Halo DJKI pada (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) dengan nilai sig < 0,05.
Tidak tersedia versi lain