Skripsi
Implementasi Kebijakan Pemasaran Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ke Indonesia
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemasaran pariwisata dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia di Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta untuk mengetahui berhasil/tidaknya implementasi kebijakan dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhinya berdasarkan ukuran dan tujuan kebijakan; sumber-sumber kebijakan; sikap/kecenderungan pelaksana; karakteristik badan pelaksana; komunikasi antar organisasi terkait dengan kegiatan pelaksanaan; dan kondisi sosial, ekonomi dan politik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan penelaahan dokumen, sedangkan prosedur pengolahan data dan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bukti bahwa dalam pelaksanaan program dan kegiatan kebijakan pemasaran pariwisata dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan, ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaannya, yaitu pada sumber-sumber kebijakan, dimana kualitas dan kuantitas SDM yang ada belum cukup mendukung dan anggaran pemasaran pariwisata yang masih terbatas; kurang optimalnya komunikasi antar organisasi terkait (Ditjen Pemasaran Pariwisata dengan Intansi terkait dan industri pariwista) dengan kegiatan pelaksanaan; serta kondisi sosial, ekonomi dan politik yang masih belum stabil. Akan tapi kendala tersebut tidak mempengaruhi pencapaian target jumlah kunjungan vii wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia seperti yang telah ditentukan dalam Renstra Kemenparekraf 2012-2014.
Tidak tersedia versi lain